Waspada, Tindak Penipuan Saat Belanja Online!

Tidak bisa disangkal, sekarang ini cukup banyak pembeli yang lebih memilih berbelanja online dibandingkan dengan belanja manual. Alasannya, tentu karena belanja online dianggap lebih mudah dan tidak memakan waktu lama dalam transaksi, sehingga tidak heran bila belanja online makin diminati oleh pembeli. Apalagi, ditambah dengan banyaknya diskon menarik yang diberikan toko online, sepatu pria branded diskon 50%, misalnya. Tentu, ini akan semakin diburu oleh pembeli, kan?

Meski demikian, ketika belanja online, kamu harus mewaspadai banyak hal, salah satunya tindak penipuan. Seperti yang diketahui, sangat memungkinkan sekali bagi penjual untuk melakukan penipuan dengan dalih menjual barang branded online, mengingat pembeli tidak bertransaksi langsung dengan penjual. Untuk itu, agar kamu tidak mengalami kondisi tersebut, alangkah baiknya ketahui beberapa modus penipuan yang kerap dilakukan penjual, di antaranya: (dikutip dari: hipwee)

  1. Resi fiktif. Resi tentu sangat dibutuhkan ketika belanja online, karena resi merupakan tanda bukti pengiriman
    belanja online

    belanja online

    jika barang pesanan sudah dikirim kepada pembeli. Apabila barang tersebut dikirim melalui ekspedisi seperti JNE, POS, TIKI, maka bukti kiriman berupa kode maupun nomor. Meskipun begitu, cukup banyak penjual yang mengirimkan resi fiktif pada pembeli, loh. Di mana, resi yang diberi tidak sesuai antara alamat pengiriman dengan resi yang didapat. Ini tentu patut kamu waspadai, takutnya nanti malah barang pesanan tidak akan pernah sampai padamu.

  2. Deskripsi barang ambigu. Sebelum membeli barang yang diinginkan, kamu tentu sering menanyakan bagaimana deskripsi dan kondisi barang tersebut pada penjual, kan? Namun, perlu diwaspadai, bilamana ada penjual yang memberikan deskripsi tidak jelas padamu. Sekalipun penjual itu masih tetap mengirimkan barang yang kamu beli, akan tetapi sayangnya kadangkala produk yang dikirim malah tidak sesuai dengan yang ditanyakan. Tentu, ini bisa merugikanmu, bukan? Untuk itu, selalu waspada, ya!
  3. Nomor rekening hampir mirip dengan marketplace. Ada kasus di mana nomor rekening penjual hampir mirip dengan marketplace. Jika tidak dicek secara teliti, nanti kamu malah salah mengirim uang, bukannya ke pihak marketplace kamu malah mengirimnya pada penipu. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengecek ulang nomor rekening penjual sebelum melakukan transaksi pembayaran.

Itulah beberapa modus penipuan yang harus kamu waspadai ketika belanja online. Oh iya, selain waspada terhadap kasus penipuan, kamu juga perlu membuat akun online shopping yang aman untuk menghindari hacker saat berbelanja online. So, tetap waspada dan selamat berbelanja, ya! –SH–

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: