Mengenal Hipopigmentasi dan Penyebabnya

Ada yang kenal dengan hipopigmentasi? Khusus buat kamu yang tidak bergelut di dunia medis, mungkin masih sangat awam dengan istilah ini, kan? Melansir dari situs alodokter, hipopigmentasi adalah suatu kondisi di mana kulit di bagian tubuh tertentu terlihat lebih terang atau putih dibandingkan dengan bagian lainnya. Kondisi ini terjadi akibat tubuh kekurangan pigmen melanin yang berperan penting memberi warna pada kulit. Di sebagian kasus, sebenarnya kondisi ini bukanlah masalah yang serius dan bisa diobati dengan memanfaatkan tanggungan dari asuransi kesehatan yang bagus, akan tetapi jika sudah parah tentu harus ada penanganan khusus agar

masalah kulit

masalah kulit

hipopigmentasi tidak membahayakan tubuh.

Nah, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan munculnya hipopigmentasi ini di tubuh, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Rusaknya jaringan kulit. Penyebab paling umum yang mengakibatkan kemunculan hipopigmentasi adalah jaringan kulit rusak. Misalkan seperti luka bakar, lecet, infeksi kulit, dan trauma lainnya. Akibat rusaknya jaringan kulit ini, maka tidak heran jika muncul bercak putih di bagian tubuh tertentu.
  2. Kelainan genetik dalam tubuh. Selain itu, kelainan genetik juga dapat memunculkan hipopigmentasi, misalkan seperti:
  • Vitiligo. Vitiligo merupakan kelainan yang muncul di tubuh akibat sel pembentuk melanin berhenti berfungsi. Vitiligo menyebabkan warna kulit menghilang dan timbulnya bercak putih di seluruh atau bagian tubuh tertentu seperti leher, tangan, kaki, bibir, dan sebagainya.
  • Albinisme. Albinisme atau biasa dikenal dengan albino adalah kelainan langka yang menyerang tubuh karena enzim tidak menghasilkan melanin. Akibatnya, pigmentasi pada kulit, rambut, dan mata berkurang sehingga menyebabkan warna kulit berubah menjadi putih. Mungkin, kamu sudah sering melihat ada orang yang mengalami kondisi?
  • Pytiriasis Alba. Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti apa penyebab utama munculnya kelainan Pytiriasis Alba ini. Namun, melihat hasil lansiran dari alodokter, kondisi ini berkaitan erat dengan eksim, alergi, dan peradangan kulit. Gejala khas dari kelainan ini adalah munculnya bercak berwarna pucat di bagian tubuh tertentu, seperti punggung, dada, wajah, leher, lengan, dan sebagainya.

Itulah penjelasan singkat mengenai hipopigmentasi dan beberapa penyebabnya. Semoga bermanfaat! –SH–

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: