Aplikasi Wajib di Ponsel untuk Permudah Bisnismu

Membangun bisnis memang membutuhkan banyak pertimbangan. Mulai dari mencari partner pinjaman usaha yang reliable, membangun relasi, hingga mengembangkan bisnis hingga menjadi lebih besar lagi. Nah, dalam mengembangkan bisnis, tentu kamu pun harus efisien dan efektif ketika bekerja. Untuk menghemat waktu dan mempermudah bisnis, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi berikut ini:

  1. Aplikasi chatting. Untuk mempermudah komunikasi dengan konsumen atau partner bisnis,
    aplikasi handphone

    aplikasi handphone

    kamu bisa memanfaatkan aplikasi chatting yang banyak digunakan orang akhir-akhir ini. LINE dan WhatsApp masih menjadi pemain utama di antara aplikasi chatting karena sangat sederhana dan nyaman. Dengan menggunakan aplikasi ini, komunikasi pun menjadi lebih mudah dan real time. Kamu bisa memilih salah satunya atau menggunakan keduanya.

  2. Mobile banking. Saat berbisnis, urusan keuangan pastinya menjadi teman sehari-hari. Entah kamu yang mengirim uang ke produsen atau kamu yang menerima kiriman uang dari konsumen. Nah, dibanding harus bolak-balik pergi ke bank atau mencari atm, lebih baik unduh saja aplikasi mobile banking yang disediakan oleh bank yang kamu gunakan. Dengan demikian, kamu bisa mengaksesnya kapan pun kamu butuh. Mudah, kan?
  3. Bagi kamu yang menjalankan bisnis seorang diri dan belum memiliki karyawan, banyaknya hal yang harus kamu lakukan dalam satu hari tentu sering membuat kamu kewalahan. Bahkan tak jarang ada hal penting yang tanpa sengaja terlewat karena kamu sibuk mengerjakan hal lainnya. Nah, agar hal tersebut tak terulang, kamu bisa mengunduh aplikasi Evernote di ponselmu. Aplikasi ini akan membantu kamu untuk mengingat to do list harian kamu, mencatat hasil brainstorming atau hal penting yang harus diingat, dan masih banyak lagi.
  4. Google Drive. Aplikasi penyimpanan di cloud juga wajib ada di ponsel kamu. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, kamu bisa menyimpan data-data penting di sana dan mengaksesnya di mana saja kapan pun kamu butuh. Kamu pun tak perlu takut lagi kehilangan data karena semuanya aman tersimpan di cloud Bahkan, jika kamu ingin membagikan foto produk yang memiliki ukuran besar, kamu bisa saja menyimpannya di Google Drive dan membagikan link-nya via aplikasi chatting untuk diakses.
  5. Untuk memasarkan bisnis, kamu tidak boleh bergantung pada broadcast chatting atau dengan mouth to mouth marketing saja. Kamu bisa lho memanfaatkan email blasting dengan menggunakan MailChimp. Memang sih, email terkesan konvensional. Namun demikian, hingga saat ini orang masih sangat bergantung dengan email mereka. Jadi, kesempatan mereka untuk mengecek email dan membaca email blast kamu cukup besar. Bagikan informasi penting berupa newsletter seputar bisnis kamu melalui MailChimp ini.

Gimana, semua aplikasi ini sudah ada di ponselmu belum? Kalau belum, yuk segera unggah! Dengan aplikasi ini, kamu bisa menghemat banyak waktu dan lebih efisien dalam berbisnis, bukan? Semoga bermanfaat!

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: