Asuransi Kesehatan di Jepang

Jepang memang negara yang patut dijadikan contoh dalam berbagai bidang, salah satunya adalah dalam bidang asuransi kesehatan . Dalam hal asuransi kesehatan, Jepang memiliki sistem jaminan kesehatan universal. Hampir seluruh warga negara Jepang dilindungi dengan asuransi kesehatan, dan termasuk juga warga negara asing yang menetap untuk sementara di Jepang.

Asuransi kesehatan yang dimiliki oleh setiap penduduk sangat berguna untuk biaya berobat. Tanpa asuransi kesehatan yang dimiliki, biaya berobat dan perawatan akan mahal. Dengan program asuransi kesehatan, orang hanya harus membayar sekitar 30% dari total biaya saat berobat dan sisanya dibayar oleh asuransi kesehatan.

asuransi kesehatan

asuransi Jepang

Asuransi Kesehatan Sejak Kecil

Di Jepang, asuransi kesehatan sudah diberikan sejak kecil. Asuransi kesehatan untuk anak disesuaikan dengan asuransi orangtuanya. Untuk anak-anak biaya berobat hanya membayar sekitar 10%. Sedangkan untuk warga yang kurang mampu premi asuransi diberikan potongan hingga 70-80%. Dengan potongan ini keluarga dengan 2 orang anak hanya perlu membayar sekitar 3000 yen per bulan. Tanpa potongan premi asuransi bisa mencapai 21,000 yen.

Untuk mengukur kemampuan warganya, pemerintah Jepang hanya akan melihat dari laporan pasja setiap tahun dan berapa tanggungannya.

Untuk mahasiswa yang mendapatkan beasiswa di Jepang, karena beasiswa bukanlah termasuk kategori penghasilan maka mahasiswa asing hanya diwajibkan membayar asuransi sebesar yang dibayarkan orang tanpa penghasilan.

Asuransi Kesehatan di Jepang, sistem yang baik sekali bukan? (Mew)

-Tips Indonesia-

 

Tags: , , , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

3 Responses

  1. Terima kasih kak atas sharingnya

  2. indonesia kapan?????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*