Sudah Miliki Asuransi Kesehatan, Haruskah Tetap Siapkan Dana Darurat?

Terkadang banyak orang yang salah kaprah. Mentang-mentang sudah memiliki asuransi kesehatan, mereka tidak lagi mengutamakan dana darurat untuk kesehatan. Memang benar, ketika terjadi kerugian terkait dengan masalah kesehatan, Anda bisa mengajukan Allianz klaim asuransi. Namun, biasanya ada beberapa pelayanan yang tidak akan ditanggung oleh asuransi kesehatan. Di saat seperti inilah dana darurat berperan penting dalam kehidupan Anda. Selain itu, masih ada beberapa alasan lain yang mungkin bisa mengingatkan Anda betapa pentingnya untuk menyiapkan dana darurat setiap saat.

  • Asuransi kesehatan saja tidak cukup

Seperti yang telah dijelaskan di atas, meskipun asuransi kesehatan dapat memberikan perlindungan saat Anda mengalami kerugian finansial karena faktor kesehatan tapi biasanya asuransi kesehatan tidak akan meng-cover semua pelayanan kesehatan.

Mungkin hal ini tidak akan menjadi masalah ketika kerugian yang Anda alami hanya sedikit. Namun, yang namanya risiko akan selalu ada dan tidak ada yang tahu kapan kita membutuhkan dana yang besar untuk membayar biaya kesehatan.

Apalagi jika Anda hanya mengandalkan asuransi kesehatan yang Anda dapatkan dari kantor, “jatah” yang diberikan kepada tiap-tiap karyawan biasanya berbeda, sesuai dengan jabatan dan profesi Anda. Tentunya akan jadi masalah jika ada beberapa pelayanan dan obat yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi.

  • Kemungkinan jatah uang pertanggungan habis di tengah jalan

Alasan selanjutnya mengapa Anda tetap harus mempersiapkan dana darurat untuk kesehatan meskipun telah memiliki asuransi, yakni kemungkinan “jatah” yang bisa habis di tengah jalan. Misalnya Anda memiliki jatah uang pertanggungan sebesar Rp50 juta selama satu tahun tapi ternyata terjadi hal yang tidak diinginkan dan Anda terpaksa menghabiskan semuanya di tengah jalan. Kalau sudah begini, Anda tidak lagi bisa mengandalkan pertanggungan asuransi kesehatan. (source: finance.detik.com)

Tentunya tidak ada yang mau mengalami hal buruk yang menimpa kesehatan. Namun yang namanya kehidupan, pasti akan selalu ada risiko. Karena itu, Anda harus selalu siap sedia, terutama dalam melindungi kesehatan. Tak ada salahnya untuk menabung dan mempersiapkan dana darurat untuk berjaga-jaga, bukan?

Namun pada akhirnya cara utama yang bisa Anda gunakan untuk menjauhi risiko-risiko penyakit adalah dengan membiasakan diri dan keluarga gaya hidup sehat. Hindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa menimbulkan penyakit berbahaya, contohnya mengetahui beberapa fakta untuk menghindari penyakit hepatitis atau penyakit kritis lainnya! Semoga bermanfaat! (Rima)

 

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: