Pilih Sepeda Gunung Full Bike atau Rakitan?

Bagi yang senang berpetualang di alam terbuka seperti gunung, pasti sudah tidak asing dengan Sepeda MTB (Mountain Bike). Sepeda ini di desain secara khusus agar terasa nyaman digunakan di berbagai medan (kondisi jalan), khususnya pada kondisi jalan pegunungan yang biasanya bukanlah berupa aspal yang halus. Untuk beberapa orang yang sudah sangat sering bersepeda di gunung, memilih sepeda yang tepat adalah hal yang tidak terlalu sulih. Bahkan, mungkin mereka memiliki lebih dari 1 jenis sepeda yang mereka gunakan sesuai dengan kondisi lokasi yang

sepeda gunung

mg.co.id

akan mereka datangi. Namun, bagi yang baru memulai hobinya bersepeda di gunung mungkin akan merasa bingung harus memilih sepeda apa yang tepat untuk kebutuhannya.

Berdasarkan pada perakitannya sepeda ini bisa dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu full bike (sepeda jadi) dan sepeda rakitan. Kedua jenis sepeda ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Full Bike (Sepeda Jadi)

Full Bike adalah sepeda yang telah jadi dan siap untuk digunakan. Bagi yang masih awam mengenai sepeda ada baiknya memilih sepeda jenis ini, karena sangat praktis. Kita hanya perlu pergi ke toko sepeda, kemudian mengatakan sepeda seperti apa yang kita inginkan, dan meminta pemilik toko untuk menunjukkan pilihan sepeda yang sesuai dengan yang kita inginkan. Namun, jika kita ingin lebih yakin dan tidak dibohongi oleh pemilik toko, kita bisa meminta salah seorang kerabat untuk membantu memilih sepeda yang tepat untuk kita. Sepeda jenis ini biasanya harganya lebih murah dibanding rakitan, tetapi jangan heran jika suatu saat kita menemukan sepeda yang sama persis dengan sepeda milik kita, karena sepeda ini memang dirakit secara massal (dalam jumlah banyak).

  • Sepeda Rakitan

Bagi yang sudah sangat mengenal berbagai komponen dalam sepeda gunung dan senang berkreasi, memilih sepeda rakitan sangatlah tepat. Kita bebas berkreasi pada sepeda kita dan membuatnya unik serta tidak ada yang menyamainya, karena kita merakit sendiri sepeda kita. Walaupun harganya lebih mahal, tapi sepeda ini tetap saja diminati banyak orang. Hal ini tidak lain disebabkan karena nilai kepuasan yang didapatkan setelah berhasil merakit sepedanya sendiri dimana perakit bisa menentukan frame sepeda MTB sendiri, yang tidak akan didapatkan jika membeli full bike. (Yv)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: