Tips Menghindari Keganasan Kera di Uluwatu

Pura Uluwatu merupakan salah satu objek wisata di Bali yang tidak boleh dilewatkan saat tengah berlibur dan menginap di hotel di Bali. Pura ini terletak di tepi tebing pantai dengan pemadangan yang sangat indah. Sayangnya, keindahan pura ini harus dicapai dengan perjuangan menghadapai kumpulan kera yang ada di hutan sekitar pura. Meski sepintas lucu, namun kumpulan kera ini terkenal nakal dan agresif. Tidak sedikit wisatawan yang kehilangan benda-benda yang dibawa karena dirampas oleh para kera ini.

Tentunya kita tidak ingin kan liburan jadi terganggu karena kera ini kan? Nah, berikut ini beberapa tips yang harus diperhatikan saat ke Uluwatu untuk menghindari serangan kera-kera nakal tersebut di antaranya:

Pura uluwatu

photo by muhd rushdi samsudin

Jangan membawa barang-barang berharga

Sebaiknya tinggalkan barang-barang berharga atau barang yang mudah lepas di mobil. Misalnya saja kacamata, kamera, topi, jam tangan, kalung, dan gelang. Kamera bisa saja dibawa tapi bersiap-siap saja untuk berjuang untuk menjaganya dari sambaran kera. Apalagi, kera-kera ini bergerak dengan cepat.

Jangan memakai alas kaki berwarna cerah

Hindari menggunakan alas kaki berwarna cerah, apalagi yang berupa sandal jepit. Kera-kera Uluwatu sangat tertarik dengan warna-warna cerah seperti merah, kuning, atau hijau terang. Jadi, bila tidak ingin menjadi sasaran kenakalan kera, sebaiknya cari alas kaki berwarna gelap dan yang sulit untuk dilepas.

Jangan bawa makanan

Meski para kera ini sudah disediakan makanan khusus dari penjaga pura, namun mereka tetap tertarik dengan makanan atau minuman yang dibawa oleh pengunjung. Jangan sampai terjadi perebutan makanan antara kita dengan kera.

Jangan melakukan kontak mata langsung

Usahakan jangan melakukan kontak mata langsung dengan kera, apalagi dengan alis yang terangkat. Karena ini merupakan tanda “menantang” kepada si kera. Bisa-bisa kera akan bersikap agresif dan menyerang kita.

Bawa ranting kayu

Sebelum masuk ke area pura, terdapat beberapa ranting kayu yang bisa kita bawa masuk. Ranting kayu ini bisa kita gunakan untuk menghalau kera yang mencoba untuk mendekati kita dan mengambil barang-barang kita.

Hindari beberapa jenis kera

Memang tidak semua kera memiliki tingkat kenakalan yang sama. Sama seperti hewan pada umumnya, beberapa kondisi pada kera ini menandakan tingkat agresifitas yang tinggi. Sebaiknya hindari beberapa kondisi kera di bawah ini:

  1. Kera yang tengah membawa anak,
  2. Kera yang tengah makan,
  3. Kera dengan bulu yang botak (kera jenis ini biasanya lebih agresif ),
  4. Kera yang tengah berkelahi.

Semoga tips tadi bisa membantu melewati kumpulan kera dan membuat liburan di Bali bisa lebih nyaman, ya. Dan bagi yang ingin ingin coba naik unta, terdapat paket bersafari unta di Bali.(raw)

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: