Kenapa Memilih Berobat ke Luar Negeri ?

Banyak pemberitaan bahwa banyak orang-orang Indonesia lebih memilih berobat ke luar negeri seperti di Rumah Sakit Singapura dan rumah sakit lainnya.  Seperti halnya yang banyak dilakukan oleh para selebritis Indonesia  yang justru memilih untuk melakukan pengobatan di luar negeri, contohnya saja Olga Syahputra memilih salah satu rumah sakit Singapura untuk melakukan pengobatan untuk penyakit yang dideritanya. Bahkan tidak hanya berobat saja, bahkan hanya untuk sekedar berkonsultasi para seleb-seleb lebih memilih bertolak ke negri Singa tersebut.

Kenapa Memilih Berobat ke Luar Negeri ? Tentu ini menjadi polemik di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Yang kita ketahui bersama, bahwa untuk berobat ke luar negeri seperti berobat di rumah sakit Singapura atau rumah sakit lainnya butuh biaya yang tidak sedikit alias mahal. Pastinya ada beberapa alasan kenapa mereka lebih

rumah sakit singapura

rumah sakit singapura

memilih berobat ke luar negeri dari pada berobat di Indonesia. Pemerintah berfikir mungkin karena rumah sakit-rumah sakit di Indonesia kalah dalam segi bangunan. Selain itu fasilitas, kenyamanan dan peralatan canggih yang tidak dimiliki rumah sakit di Indonesia.

Pemerintah pun segera bertindak dengan membangun rumah sakit yang bertaraf Internasional di Indonesia. Ini terlontar dari mulut Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono yang menginginkan dibangunnya rumah sakit bertaraf Internasional di Indonesia dengan kemegahan bangunan dan peralatan canggih.  Kabarnya pun di Batam bahwa telah ada rumah sakit bertaraf Internasional, namun ini tidak berpengaruh untuk bisa mengurangi jumlah orang Batam dan juga Riau yang berobat ke rumah sakit Singapura dan Malaysia.

Biaya pengobatan yang murah

Alasan utama yang menjadi bahan pertimbangan kenapa banyak warga negara Indonesia yang lebih memilih berobat ke rumah sakit Singapura dan Malaysia. Secara keseluruhan, biaya pengobatan di rumah sakit Singapura dan Malaysia lebih murah dibandingkan berobat di Jakarta ataupun Surabaya meskipun banyak rumah sakit yang betaraf Internasional di kedua kota besar tersebut. Apalagi kini sudah ada keputusan bahwa biaya fiskal telah dihapuskan, sehingga tidak perlu lagi  mengurus visa untuk bisa datang ke luar negeri.

Pelayanan yang lebih baik

Di samping biaya pengobatan yang lebih murah, Alasan Orang Indonesia Memilih Berobat di Singapura lainnya faktor pelayanannya yang diberikan oleh dokter-dokter rumah sakit luar negeri jauh lebih baik dari pada rumah sakit yang ada di Indonesia meskipun dokter-dokter Indonesia pun tidak kalah pandai. Meskipun demikian, ini tidak mempengaruhi sebagian besar masyarakat lebih memiilh berobat ke luar negeri. Dengan biaya lebih murah ditambah dengan pelayanan lebih baik, sehingga tidak perlu terlalu kaya untuk dapat berobat di luar negeri.

Teknologi

Alasan teknologi alat-alat kedokteran yang digunakan di setiap rumah sakit Singapura dan Malaysia cukup canggih. Namun bukan karena kecanggihan alat medisnya, akan tetapi prosedur medis seperti transplantasi orang tubuh lebih mudah. Hal ini berbanding  dengan Indonesia, di mana adanya berbagai hambatan seperti hukum, agama, sekaligus budaya sehingga transplantasi organ tubuh di Indonesia tidak diperbolehkan. Meskipun ada, namun terbentur dengan masalah biaya yang sangat mahal dibandingkan dengan India ataupun China bahkan Singapura ataupun Malaysia.

Kualitas mutu pelayanan, keamanan, dan pengawasan

Alasan yang tidak kalah penting adalah kualitas mutu pelayanan, keamanan, dan pengawasan medic di Indonesia yang memang belum terjamin. Menurut National Geographic Channel, Indonesia termasuk sangat lemah dalam pengawasan keamanan dalam hal maskapai penerbangan dan juga pengobatan khususnya hal perumahsakitan. Terlalu mudah masalah perizinan, banyak rumah sakit diberikan izin untuk beroperasi akan tetapi mutu dan keamanan dalam hal pelayanan tidak ada pengawasan yang ketat.

Memang pemerintah negara lain tidak bisa melarang setiap warganya untuk melakukan pengobatan di rumah sakit Indonesia. Namun justru perusahaan asuransi yang memberikan jaminan warga asing di Indonesia sekaligus menganjurkan untuk berobat ke rumah sakit Singapura atau Australia daripada ke rumah sakit di Indonesia.

Nah, dengan adanya faktor-faktor di atas memang jelas bahwa sebagian orang Indonesia justru lebih memilih berobat ke luar negeri dibandingkan di Indonesia sendiri. Jadi, perlu adanya peningkatkan kualitas rumah sakit dalam segi pelayanan, peralatan yang menunjang dan biaya yang murah. Semoga ini bisa bermanfaat! -apuy-

 

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: