Tips Mempersiapkan Field Trip Untuk Anak TK

Karya wisata atau field trip sekolah merupakan salah satu kegiatan berguna yang bisa menambah pengetahuan siswa/siswi. Untuk bisa mengadakan field trip yang sukses tentunya membutuhkan persiapan yang matang, apalagi bila field trip ini dilakukan oleh anak-anak Taman Kanak-kanak (TK). Persiapan yang ekstra pun harus dilakukan mengingat usia mereka yang masih kecil-kecil ini. Mulai dari menentukan tujuan field trip, waktu, hingga pemilihan bus harus dipikirkan dengan hati-hati sehingga anak-anaktidak membahayakan anak.

Nah, buat Anda guru TK yang hendak melakukan field trip dengan anak-anak murid Anda, berikutĀ  ini beberapa tips yang bisa membantu, di antaranya:

Pemilihan tempat

Tempat field trip sebaiknya merupakan tempat yang familiar atau sesuai dengan usia anak-anak, tempat yang menumbuhkan rasa ingin tahu mereka tentang lingkungan sekitar. Misalnya saja kebun buah-buahan, area persawahan, atau bisa juga tempat-tempat di daerah sekitar seperti pasar, kebun bunga, dan tempat lainnya yang tentunya masih aman untuk anak seusia mereka.

Pemilihan transportasi

Bila memilih lokasi dengan jarak yang lumayan jauh, maka pilihlah transport yang nyaman. Bila memilih bus charter, maka pilihlah bus dengan kondisi fisik yang masih bagus, seperti kursi yang empuk dan AC yang berfungsi dengan baik, pilihlah bus dari perusahaan dengan reputasi yang bagus.

Bicarakan lokasi field trip

Sebelum hari-H keberangkatan, luangkanlah beberapa waktu untuk menjelaskan kepada anak-anak tentang lokasi field trip yang akan dikunjungi. Misalnya saja dengan menunjukkan foto-foto atau gambar lokasi field trip, hewan atau tumbuhan apa saja yang bisa ditemui di tempat tersebut, dan lain sebagianya.

Berikan pengarahan dengan cara yang fun

Masih di dalam kelas beberapa hari sebelum berangkat, agar bisa lebih dimengerti oleh anak-anak coba lakukan pengarahan dengan lebih fun. Misalnya dengan cara bercerita atau dengan membuat story board perjalanan field trip mulai dari berangkat hingga pulang. Anda bahkan bisa melibatkan mereka untuk memperagakannya di depan kelas.

Libatkan anak-anak dalam persiapan

Biarkan anak-anak ikut terlibat dalam persiapan field trip ini, misalnya saja dengan menghitung kira-kira berapa banyak makanan atau botol minuman yang perlu di bawa, dan sebagainya.

Dengan beberapa tips persiapan field trip untuk anak TK ini diharapkan perjalanan menjadi lebih menyenangkan dan tetap aman