Yuk, Nikmati 8 Festival Tahunan Jakarta Ini

Jakarta Hotel Tingkat hunian Jakarta Hotel per April 2014 ternyata tercatat meningkat. Ini menjadi tanda semakin meningkatnya juga daya tarik pariwisata ke kota Jakarta. Berbicara pariwisata, ada banyak objek wisata yang bisa Anda temukan di sini, mulai dari wisata kuliner, budaya, hingga berbagai festival diadakan secara tahunan di Jakarta.

Berikut ini beberapa festival di Jakarta yang bisa Anda nikmati setiap tahun, yakni:

1.  Jakarta International Java Jazz Festival (JIJJF)

Festival yang juga dikenal sebagai Java Jazz Festival ini merupakan festival musik jazz terbesar di dunia yang telah diselenggarakan sebanyak 10 kali di Indonesia, sejak tahun 2005 lalu. Ribuan  musisi Jazz dalam dan luar negeri sudah pernah memeriahkan festival

festival jakarta

festival jakarta

ini, misalnya saja Indra Lesmana, Idang Rasjidi, hingga Earth Wind, & Fire, Dave Koz, Natalie Cole, dan Stevie Wonder. Di tahun 2013, festival ini bahkan meraih penghargaan MURI karena memecahkan rekor dunia untuk pertunjukkan Jazz terbesar di dunia dengan jumlah musisi mencapai 1.300 di 21 panggung.

2.  Jakarta Food and Fashion Festival (JFFF)

JFFF (baca: je ef tri) yang diadakan pada setiap bulan Mei di Kawasan Sentra Kelapa Gading ini, merupakan wadah berkumpulnya produk mode Indonesia serta tempat makanan khas favorit di Jakarta. Terdapat tiga rangkaian cara utama di JFFF ini yaitu:

  • Fashion Extravaganza: ajang unjuk kreasi para deasiner profesional Indonesia.
  • Food Festival: festival kuliner Indonesia. Pada JFFF 2014 ini, selain Anda bisa menikmati beragam kuliner Indonesia dengan setting jaman dulu di Kampeong Tempo Doeloe, Anda juga bisa menikmati wine and beer tasting di event Wine & Cheese Expo pada rangkaian ini.
  • Gading Nite Carnaval: menampilkan berbagai atraksi dan pertunjukkan luar biasa yang menghibur, mulai dari persta kostum, atraksi seni tari, serta parade mobil hias.

3.  Jakarta Night Festival

Jakarta Night Festival merupakan festival yang diadakan pemprov DKI Jakarta untuk menyambut malam pergantian tahun baru. Festival yang baru diadakan pada jaman pemerintahan Gubernur Jokowi ini memberikan pertunjukkan seni budaya serta hiburan yang ditampilkan di 12 panggung yang tersebar di sejumlah lokasi, mulai dari halaman Balai Kota DKI Jakarta, dan MH Thamrin hingga Jalan Sudirman. Rencananya, acara festival ini akan dijadikan sebagai agenda rutin tahunan.

4.  Monas Festival Jakarta

Festival yang baru diadakan sebanyak dua kali ini merupakan festival kebudayaan, tidak hanya kebudayaan asli Jakarta saja, tapi juga kebudayaan daerah di luar Jakarta. Selain budaya, pengunjung juga bisa menikmati festival layang-layang yang diterbangkan di sekitar langit monas saat festival ini berlangsung.

5.  Jak-Japan Matsuri

Festival kebudayaan ini diselenggarakan untuk menandakan hubungan baik antara Indonesia dengan Jepang. Di festival yang diadakan selama seminggu ini, pengunjung bisa menikmati berbagai pertunjukkan musik dan budaya, serta kuliner khas Jepang. Pada acara penutupan, pengunjungi juga bisa menikmati keindahan ratusan kembang api pada saat penutupan.

6.  Pekan Raya Jakarta (PRJ)

Festival yang awalnya diadakan sebagai wadah untuk meningkatkan pemasaran produk dalam negeri ini sudah berlangsung sejak 1968. Saat ini Jakarta Fair diadakan sebagai rangkaian perayaan ulang tahun Jakarta. Sebagai wisata belanja, pengunjung bisa menemukan ribuan stand dengan berbagai produk unggulan dari seluruh Indonesia. Selain itu, pengunjung juga dihibur dengan berbagai pertunjukan musik, karnaval, serta pesta kembang api yang spektakuler.

7.  Festival Jakarta Great Sale

Festival yang diadakan untuk keenam kalinya pada tahun ini, diadakan dalam rangka memeriahkan perayaan ulang tahun DKI Jakarta. Pengunjung bisa menikmati berbagi penawaran diskon yang fantastis dari berbagai pusat perbelanjaan di Jakarta. Festival ini bisa dinikmati dalam waktu yang lama yakni hingga satu bulan.

8.  Jakarta Fashion Week

JFW merupakan pekan mode tahunan terbesar di Indonesia. Diadakan pertama kali pada tahun 2008, dampak dan jangkauan JFW telah diakui oleh para profesional di Industri mode, mulai dari jurnalis fashion, stylist, hingga model internasional.

Nah, semoga daftar festival tahunan Jakarta tadi bisa memberikan inspirasi untuk menikmati hari Anda di kota metropolitan ini. (raw)

 

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: