Yuk, Lakukan Kebiasaan Ini Agar Hemat Energi dan BBM!

Mengingat harga jual solar industri yang makin lama semakin naik, maka kita harus melakukan beberapa upaya agar bisa lebih menghemat penggunaan bbm. Bukan hanya bahan bakar kendaraan tapi juga menghemat energi dari kegiatan sehari-hari.  Selain mengurangi pengeluran finansial, dengan menghemat bbm, berarti kita juga ikut menjaga lingkungan. Lantas apa saja yang bisa kita lakukan untuk menghemat bbm dan energi? Yuk, simak tips di bawah ini.

  • Pilih Bahan Bakar Berkualitas untuk Kendaraan

Demi menghemat pengeluaran, biasanya banyak orang-orang yang membeli jenis bensin yang kualitasnya kurang

hemat enegi

hemat enegi

baik. Padahal, membeli bensin yang kurang berkualitas justru akan berdampak buruk pada kendaraan dan kondisi kantong. Alih-alih menghemat pengeluaran, membeli bahan bakar yang nilai oktannya tidak sesuai dengan kebutuhan kendaraan justru akan membuat pemakaian bbm boros dan dapat merusak komponen mesin. Oleh karena itu, meskipun harganya sedikit lebih mahal, menggunakan bensin yang berkualitas justru akan lebih menguntungkan. Jadi, sebaiknya mulai pilih-pilih bahan bakar yang cocok untuk kendaraan kita. Entah itu pertamax atau pertalite, pilih yang tepat, ya!

  • Berkendara dengan Tepat

Beberapa kebiasan berkendara dapat memengaruhi penggunaan bensin. Misalnya seperti mengerem mendadak dan akselerasi yang terlalu berlebihan. Jika pengemudi sering melakukan kebiasan tersebut, penggunaan bensin akan menjadi lebih boros.

  • Kurangi Penggunaan AC

Meskipun tinggal di daerah beriklim panas, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan AC. Jika di mobil, AC bisa meningkatkan penggunaan bensin. Sedangkan jika di ruangan, AC bisa memakan energi yang cukup besar. Karena itu, gunakanlah AC seperlunya saja.

  • Matikan Alat Elektronik yang Tidak Perlu

Ini dia kebiasaan yang terlihat sepele namun cukup menguras energi dan bahan bakar. Jika ruangan tidak digunakan, jangan lupa untuk mematikan lampu, TV, laptop dan alat elektronik lain. Jangan juga membairkan alat elektronik dalam keadaan “stand by” karena alat elektronik masih tersambung ke stop kontak dan masih mengalirkan hubungan listrik.

  • Menggunakan Energi Alternatif

Jika bisa menggunakan energi lain selain bbm, usahakan untuk memilih energi alternatif tersebut. Misalnya seperti tenaga surya yang sudah makin mudah di temukan sekarang ini. Selain itu, kurangi penggunaan kendaraan pribadi karena bbm yang dihabiskan hanya dapat mengangkut satu atau dua orang saja. Sebagai alternatif, kita dapat menggunakan transportasi umum yang menggunakan bbg.

Semoga bermanfaat! (Rima)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: