Yang harus Orang Tua Lakukan Untuk Mencegah Pergaulan Bebas

Memiliki anak adalah sebuah berkah sekaligus ujian dari tuhan yang maha kuasa. Sebagaimana dalam islam, bahwa keluarga itu adalah berkah dan juga ujian, termasuk seorang istri dan anak-anak. Berkah karena kita telah diberi kepercayaan oleh yang kuasa untuk menjaga anak manusia yang terlahir dari darah kita, sementara ujian karena kita harus mendidik anak tersebut menjadi anak yang baik. Kalau bisa tentu saja berguna demi keluarga, masyarakat, bangsa dan agama.

Mencegah Pergaulan BebasUntuk mewujudkan semua itu bukanlah persoalan mudah di tengah arus globalisasi yang begitu kuat. Pengaruh barat yang tidak terlalu bagus untuk budaya ketimuran sering kali masuk pada anak-anak dan menyebabkan perilaku yang menyimpang. Untuk kita sebagai orang tua dituntut membimbing anak supaya mereka bisa menemukan jalan yang sesuai dengan budaya kita.

Tak hanya itu, budaya barat juga menyebabkan pergaulan bebas yang sangat mengerikan. Sejumlah hal negatif lahir dari pergaulan yang begitu bebas. Sering kali anak melakukan praktek seks bebas lalu hamil di luar nikah. Belum lagi penggunaan obat-obatan terlarang dan berbagai penyimpangan lainya.

Untuk itu, kita sebagai orang tua harus bisa mengarahkan anak agar terhindar dari pergaulan bebas. Tapi apa yang bisa kita lakukan? Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah pergaulan bebas:

  1. Beri perhatian kepada anak. Perilaku yang menyimpang dari pergaulan bebas sering kali terjadi pada anak-anak yang kehilangan perhatian dari keluarga. Keluarga terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga lupa untuk memperhatikan anak. Untuk mencegah pergaulan bebas, maka berilah perhatiaan pada anak.
  2. Beri dasar agam yang kuat. Agama bisa menjadi tiang anak dalam menjaga prilaku. Dengan agama yang kuat, anak tidak akan berani melakukan penyimpangan dan pergaulan bebaspun terhindar.
  3. Jadilah sahabat bagi anak. Kita memang orang tua anak, tapi bukan berarti kita tidak boleh jadi sahabat anak. Alangkah baiknya bila anak bisa bebas berbicara pada kita dan meminta pendapat. Tentu anak jadi bisa lebih diarahkan.

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai orang tua untuk menghindarkan anak dari pergaulan bebas.

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: