Yakin, Granola yang Anda Konsumsi Baik Untuk Kesehatan?

Granola merupakan bahan makanan yang terdiri dari kacang-kacangan, oat, buah kering, dan juga buah kering. Bahan makanan ini sering dijadikan salah satu bahan yang ada dalam resep makanan sehat. Misalnya saat membuat camilan sehat berupa snack bar, sereal, kue, atau lainnya. Bahan makanan ini dipilih karena granola diyakini mengandung banyak nutrisi yang berasal dari kacang-kacangan dan bahan lain yang terkandung di dalamnya.

Mengonsumsi granola secara rutin dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat, di antaranya:

  • Menurunkan kolesterol
  • Menurunkan risiko penyakit kronis seperti jantung dan kanker
  • Membantu program diet

Berbagai manfaat tersebut didapatkan karena kandungan yang dimilikinya, yaitu mineral, vitamin, dan serat. Untuk

granola

granola

jumlah kandungannya sendiri, beragam bergantung pada produk dan juga cara penyajian atau hasil olah dari granola tersebut.

Akan tetapi, apakah Anda yakin granola yang Anda konsumsi memiliki manfaat seperti yang telah disebutkan? Sebab, pada kenyataannya, banyak granola yang beredar dipasaran justru memiliki kandungan yang kurang baik untuk tubuh. Akibatnya, makanan sehat ini justru jadi berbahaya bagi keseshatan. Seperti yang disebutkan dalam situs hellosehat.com, banyak granola yang beredar biasanya telah diolah dengan bahan lainnya sehingga mengandung gula, lemak, dan kalori dalam jumlah yang cukup tinggi.

Tidak hanya itu saja, granola yang telah diolah menjadi sereal ataupun snack, biasanya sudah kehilangan kandungan nutrisi di dalamnya. Memang, rasanya mungkin akan lebih nikmat, tetapi jika Anda ingin mendapatkan manfaat maksimal, ada baiknya jika mengonsumsi granola tanpa pengolahan lebih lanjut seperti ini.

Lalu, bagaimana mengonsumsi granola yang baik agar bisa mendapatkan manfaat di atas? Berikut ini beberapa tips yang diambil dari situs yang sama:

  1. Perhatikan kandungan gizi yang biasanya tercantum dalam kemasan saat memilih granola
  2. Konsumsi granola dalam jumlah yang wajar
  3. Hindari konsumsi granola dalam bentuk snack
  4. Hindari mengonsumsi granola dengan topping yang mengandung gula tinggi
  5. Buat granola versi Anda sendiri dibandingkan dengan membeli produk jadi

Tidak ada aturan pasti mengenai kacang-kacangan yaang terkandung dalam granola. Jadi, jika Anda ingin membuat sendiri granola versi Anda, Anda bisa menggunakan jenis kacang favorit Anda. Dijamin, dengan membuat sendiri, Anda akan lebih menyukainya dan yang pasti lebih sehat. (Vita)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: