Waspadai Bahan Ini Pada Suplemen Anda

Siapa sih yang ingin sakit? Siapapun orangnya pasti tidak mau, meskipun hanya sakit yang tergolong biasa seperti radang tenggorokan ataupun flu. Itulah sebabnya, banyak orang yang rela melakukan apapun demi selalu sehat. Dari mulai menjaga menu makanan tetap sehat, olahraga teratur, atau mengonsumsi suplemen untuk kesehatan tubuh. Bahkan ada juga yang mengombinasikan semuanya demi terhindar dari serangan penyakit.

Untuk kedua cara yang pertama disebutkan, mungkin tidak ada masalah dan justru sangat dianjurkan. Akan tetapi, untuk Anda yang

suplemen

suplemen

berusaha menjaga kesehatan dengan mengonsumsi suplemen, patut waspada. Sebab, ada beberapa produsen suplemen yang tidak bertanggungjawab dan melanggar aturan, dengan memasukkan beberapa bahan berbahaya ke dalamnya, antara lain:

  • Pewarna kimia

Cukup banyak suplemen yang ditambahkan pewarna kimia. Tujuannya? Jelas saja, untuk membuat suplemen ini terlihat menarik untuk dikonsumsi. Dalam kadar normal dan selama pewarna yang digunakan adalah pewarna makanan, mungkin hal ini aman. Akan tetapi, jika Anda mengonsumsi suplemen tersebut secara rutin setiap hari, bukan tidak mungkin akan menimbulkan efek samping.

  • Logam berat

Logam berat seringkali ditemukan pada minyak ikan yang berasal dari ikan dengan kondisi lingkungan yang tercemar. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena jika Anda ingin mengonsumsi minyak ikan yang aman dari kandungan ini, Anda bisa mencari minyak ikan dengan label “3rd Party Tested”. Suplemen minyak ikan dengan label tersebut menandakan bahwa kandungan logam maupun zat kimia lain yang mungkin berbahaya masih berada dalam kadar normal dan tidak membahayakan kesehatan Anda.

  • Bahan pengawet

Mungkin hampir tidak ada makanan kemasan apapun yang terbebas dari pengawet. Untuk suplemen, biasanya pengawet yang digunakan adalah potassium sorbat dan sodium benzoat. Kedua bahan pengawet ini telah mendapatkan izin dari FDA (Food and Drug Administration) untuk dikonsumsi selama tidak melewati batas jumlah maksimal yang diizinkan. Akan tetapi, beberapa suplemen bisa saja mengandung bahan pengawet secara berlebihan dan tentunya akan berefek buruk pada kesehatan.

Salah satu cara untuk menghindari konsumsi suplemen berbahaya adalah dengan memerhatikan dengan detail label dan komposisi yang terkandung dalam suplemen. Anda bisa mencari tahu sendiri bagaimana cara memilih suplemen makanan yang tepat, atau Anda juga bisa mengonsultasikan suplemen yang akan dikonsumsi pada dokter yang sudah mengetahui riwayat kesehatan Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih yakin bahwa suplemen yang dikonsumsi aman. (Vita)

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: