Waspadai 4 Hal yang Bisa Membuat Mobil Turun Mesin Ini

Proses memperbaiki mobil dengan membongkar mesin dan memeriksa kerusakannya biasa disebut dengan overhaul atau turun mesin. Setelah diketahui penyebab kerusakannya berdasarkan ciri mobil harus turun mesin yang ditunjukkannya, baru dipastikan apakah komponen mesin perlu diganti atau cukup diperbaiki. Pekerjaannya yang cukup rumit memerlukan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, kita harus merawat mobil dengan baik, salah satunya dengan memakai oli mobil terbaik. Meskipun makin tua usia mesin mobil semakin besar risiko turun mesin, setidaknya kita bisa menghindari beberapa hal berikut ini.

  • Pelumasan yang Kurang Baik

Sistem pelumasan sangat berperan penting dalam menjaga kondisi mesin mobil. Pelumas atau oli berfungsi untuk

perawatan mobil

perawatan mobil

membuat memperlancar gesekkan mesin sehingga tidak terjadi gangguan dan kerusakan. Jika kita tidak rutin mengganti oli atau memakai oli yang kualitasnya kurang baik, maka sangat mungkin terjadi masalah pada mesin mobil, baik kurangnya tekanan, sirkulasi yang buruk, saluran yang tersumbat, dan lain-lain.

 

  • Mesin yang Terendam Air

Nah, ini yang perlu diwaspadai ketika kita mencoba melewati banjir yang cukup dalam. Kemasukan air atau water hammer bisa menjadi penyebab utama turun mesin pada mobil, lho. Air dapat merusak saluran hisap hingga ikut ke ruang bakar sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen mesin.

  • Overheating

Overheating berarti mesin sudah memiliki level temperatur yang sudah melebihi batas wajar. Biasanya overheating disebabkan oleh beberapa hal, yakni knocing, terutama pada saat perjalan jauh. Biasanya hal ini juga ditandakan dengan panasnya AC mobil karena sebagian mobil dilengkapi dengan sistem safety load sehingga saat terjadi overheating, beban mesin kendaraan akan diputus termasuk pendingin.

Parahnya, overheating juga bisa menyebabkan kebengkokan pada head maupun block silinder yang menyebabkan air bercampur dengan oli.

  • Pemuaian Timing Chain

Beberapa mobil yang menggunakan timing chain biasanya dapat mengalami masalah seperti timing chain yang memuai. Hal ini ditandai dengan suara mesin yang agak kasar atau berisik dan terjadi masalah pada mesin. Nah, untuk memperbaiki kerusakan seperti ini, beberapa mobil memerlukan overhaul atau turun mesin.

Supaya dapat mencegah mobil dari mogok dan turun mesin, sebaiknya rawat mobil dan hindari masalah-masalah di atas ya! (Rima)

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: