Waspada Ransomware WannaCry, Ini Tindak Pencegahannya

Tidak peduli di mana pun kamu tinggal, tentunya kamu sudah dengar tentang kehebohan yang menyerang dunia teknologi. Ya, baru-baru ini dunia dihebohkan dengan keberadaan virus ransomware wannacry yang dapat menyerang komputer atau laptop kita melalui jaringan internet. Yang menakutkan, virus mematikan ini sudah sampai ke Indonesia, terutama di Jakarta. Nah, lho. Gimana cara mengatasinya agar virus tersebut tidak mengenai kita, ya? Meski kalian tinggal di Bali dan menggunakan internet Bali, bukan berarti bisa terbebas dari virus ini!

Ransomware WannaCry

Ransomware WannaCry

Menurut Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (Id-SIRTII), salah satu cara untuk menjaga data penting di perangkat elektronik agar tidak terkena ransomware wannacry ini adalah dengan tidak langsung menyalakan komputer begitu hendak digunakan. Matikan terlebih dahulu koneksi internetnya, lalu backup data penting komputer. Begini cara pencegahan lengkapnya:

  1. Cabut sambungan LAN dan matikan Wi-Fi komputer. Hal ini membantu untuk mengurangi kesempatan virus masuk ke dalam komputer begitu dinyalakan.
  2. Pindahkan semua data penting di dalam komputer atau laptop ke harddisk atau di mana pun. Usahakan jangan menyimpan data di Cloud atau jaringan yang terhubung dengan internet.
  3. Update sekuriti Windows dengan memasang patch MS17-010 yang dapat diperoleh di tautan berikut. Pengguna Windows XP disarankan agar mengganti sistem operasi ke versi yang lebih baru karena OS lawas ini sudah tidak mendapat dukungan patch sekuriti dari Microsoft.
  4. Nonaktifkan fungsi macros and SMB v1.
  5. Blokir port 139/445 dan 3389.
  6. Perbarui software anti-virus dan anti-ransomware.

Dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan di atas, semoga ransomware wannacry ini tidak menyerang perangkat elektronik kita. Pasalnya, ketika perangkat sudah terjangkit kasus ini maka belum ada tindak pemulihannya. Yang ada, kita akan diminta membayar sejumlah uang untuk mengembalikan data penting yang di-lock.

Jika kamu ingin mendapatkan informasi serta saran teknis yang lebih mendetail, boleh juga menghubungi Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (Id-SIRTII) melalui email incident@idsirtii.or.id. Namun jangan bertanya mengenai mengenal asal-usul kemunculan Ransomware WannaCry pada mereka, toh informasi ini bisa didapatkan di media online tanpa perlu menyusahkan pihak Id-SIRTII yang sedang sibuk menjaga keamanan dunia cyber Indonesia.

Semoga membantu! (Tari)

Tags: , , ,

Leave a Reply