Waspada Kecurangan Agen Asuransi

Menjadi peserta suatu perusahaan asuransi artinya kita memberikan kepercayaan pada perusahaan asuransi untuk memmberi perlindungan pada peserta saat peserta mengalami suatu risiko. Ada beragam risiko yang dapat di klaim oleh peserta asuransi, tergantung dari produk asuransi apa yang diikuti oleh peserta. Biasanya peserta asuransi akan mendapatkan berbagai Informasi Asuransi yang dibutuhkan melalui agen perusahaan asuransi tersebut. Agen perusahaan asuransi ini tidak hanya bertanggung jawab hingga seseorang menjadi peserta asuransi saja, tapi untuk selanjutnya bertanggungjawab jika peserta asuransi tersebut mengalami masalah apapun termasuk permasalahan klaim asuransi.

Berbagai aturan serta perhitungan asuransi yang cenderung rumit membuat seseorang merasa kesulitan untuk memahami produk asuransi

informasi asuransi

informasi asuransi

yang diambilnya, khususnya untuk produk asuransi yang lebih rumit seperti asuransi investasi. Pada umumnya peserta asuransi hanya memperhatikan beberapa point dalam polis asuransinya, yaitu jumlah uang pertanggungan (UP), biaya premi bulanan, cara klaim dan jangka waktu asuransi. Untuk informasi asuransi lainnya baru akan di baca oleh peserta pada saat mengalami masalah.

Harus diingat menjadi peserta asuransi berbeda dengan menjadi nasabah di bank, ketika mengalami masalah nasabah bisa langsung untuk mendatangi customer service bank terkait untuk meminta bantuan. Sementara pada peserta asuransi, umumnya peserta hanya berhubungan dengan agen, sehingga jika terjadi masalah peserta akan mencari agen untuk meminta bantuan. Atas dasar inilah penting bagi peserta asuransi untuk memastikan bahwa agen tersebut merupakan agen yang bertanggungjawab dan dapat dpercaya.

Namun mencari agen yang benar-benar dipercaya juga cukup sulit. Banyak agen yang sering melakukan kecurangan pada calon peserta asuransi. Berikut ini adalah beberapa kecurangan yang dilakukan agen serta cara mengatasinya:

  • Agen sering kali memalsukan beberapa data untuk memudahkan seseorang menjadi peserta suatu perusahaan asuransi. Hal ini bisa terjadi karena banyak orang yang malas mengisi seluruh formulir sendiri dan mempercayakan pada agen asuransi. Untuk mengantisipasi hal ini, ada baiknya jika peserta asuransi mengisi sendiri seluruh form yang diperlukan, dan jika tidak memungkinkan periksa terlebih dahulu semua data yang diisikan sebelum menandatangani form tersebut.
  • Beberapa agen meminta calon peserta untuk membayar setoran awal terlebih dahulu melalui agen tersebut, tapi pada kenyataannya dana tersebut tidak pernah disetorkan pada perusahaan.
  • Ada beberapa agen yang mencari nasabah sebanyak-banyaknya dengan kecurangan pada point satu (yang penting peserta masuk dan agen mendapat komisi) kemudian melakukan resign setelah mendapatkan keuntungan dari fee yang di terima. Hal ini akan menjadi masalah ketika peserta ingin melakukan klaim, karena data yang diisi dianggap palsu. Pada saat seperti ini, peserta tidak akan bisa berbuat banyak. Untuk mengantisipasinya sama seperti pada point pertama, yaitu calon peserta harus meneliti semua isi form sebelum menandatanganinya.

Menggunakan asuransi akan sangat bermanfaat untuk memberi perlindungan finansial pada peserta, jadi jangan sampai peserta mengalami kerugian hanya karena diakibatkan kecurangan yang dilakukan agen.  Oleh karena itu, menjadi penting untuk para calon peserta asuransi untuk mencari tahu sekaligus memilki informasi asuransi yang lengkap sebelum memilih sebuah produk asuransi. (Yv)

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: