Waspada Anak Rentan Sakit, Perlunya Perlindungan Ekstra!

Bukan hanya asuransi kesehatan rawat inap yang penting, namun juga asuransi kesehatan rawat jalan juga sama pentingnya. Keduanya memang dapat saling melengkapi. Terkadang, kita sering menganggap sepele sakit yang ringan, namun hal tersebut berdampak besar. Meskipun tergolong sakit ringan, namun apabila terjadi terus menerus akan menyebabkan sakit yang berkelanjutan dan membuat khawatir akan finansial.

Keuntungan memiliki asuransi kesehatan keluarga yang menanggung biaya rawat jalan, akan memudahkan orang tua untuk membiayai pengobatan saat sang anak yang harus mondar-mandir ke dokter, seperti cabut gigi, anak demam, radang, batuk, dan pilek, dan lainnya. Hal tersebut sedikit demi sedikit akan menguras kondisi keuangan kita apabila terus mengalami seperti ini. Bukan hanya soal rawat inap saja, namun rawat jalan juga penting, belum lagi ditambah obat-obatan yang biayanya tidak murah.

Keuangan orang tua juga tidak akan terganggu dan tidak perlu di khawatirkan akan biaya yang sedikit demi sedikit terkuras itu. Oleh karenanya Orang tua tidak perlu membayar lagi pelayanan dokter dan obatnya, cukup mengklaim asuransi dan sudah bisa dicover oleh perusahaan. Baiknya adalah Anda menggunakan asuransi yang mendapatkan manfaat keduanya tanpa perlu khawatir karena untuk kesehatan juga jangan pilih-pilih. Risiko seseorang jatuh sakit dan dirawat, akan lebih besar.

Makin kecil sang anak, memang makin rentan terserang virus karena sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna. Anak di bawah 3 bulan terutama dengan demam tinggi harus dikonsultasikan ke dokter.  Hingga usia 1 tahun, anak bisa sakit 8-12 kali pertahun. Selanjutnya, anak sakit rata-rata 6-8 kali. Selanjutnya, semakin besar sang anak, akan sulit terkena virus apabila sistem imunnya terbentuk dnegan baik. Namun, hal itu juga dipengaruhi oleh gizi yang baik. Biasanya penyakit yang menyerang bukanlah penyakit berat, namun penyakit yang dianggap sepele dan ringan, seperti sakit batuk pilek, diare, atau penyakit flu lainnya.

Terlebih penyebab mengapa anak kecil rentan sakit memang menjadi perhatian, seperti pertama, gangguan imunologis ketik lahir. Sistem kekebalan tubuh sang anak sudah rendah dari lahir sehingga mudah terkena virus. Kedua, infeksi kronis. Sang anak memang tidak ada bawaan dari lahir namun karena kontak langsung dengan seseoang yang mengidap penyakit TBC sehingga tertular. Ketiga, faktor cuaca. Anak akan rentan terkena penyakit karena pergantian cuaca yang tidak stabil sehingga membuat anak menjadi alergi dan sering batuk dan pilek. Keempat, kekurangan nutrisi. Anak kecil sedang dalam masa pertumbuhan sehingga memerlukan nutrisi yang cukup untuk membentuk imunnya kelak.

Kita tidak dapat mengelak ketika anak kecil sakit karena berbagai faktor juga dapat mempengaruhi dan memang keadaan imun yang belum stabil. Oleh sebab itu, sebagai orang tua, kita dapat mencegahnya dengan berbagai usaha, salah satunya adalah terus memerhatikan gizi sang anak dan menjaga lingkungan yang ada disekitarnya. Lingkungan yang sehat, akan menbawa pengaruh yang baik juga untuk orang lain. Selain itu juga, pentingnya mempersiapkan perlindungan untuk sang anak yang menjadi tanggungan orang tua karena sehat itu mahal.

 

Leave a Reply