Warna Lampu Pada Panel Instrumen Mobil

Punya mobil jangan hanya tahu cara mengendarainya saja. Kamu juga harus paham betul berbagai hal tentang mobil kesayanganmu tersebut. Misalnya, seperti asuransi All Risk ataukah TLO yang dipilih untuk melindungi mobilmu, bagaimana cara merawat mobilmu, cara membersihkan yang benar, dan apa saja tanda bahwa ada suatu hal yang tidak beres pada mobil kesayanganmu.

Mengetahui tanda ketidakberesan pada mobilmu merupakan satu poin yang sangat penting. Sebab, dengan memahami hal ini kamu akan bisa mencegah kerusakan yang lebih parah pada mobilmu. Untuk tandanya sendiri, sebenarnya ada banyak sekali. Jika kamu adalah orang yang peka, tanda ini bisa diketahui saat kamu mengendarai mobilmu. Jika ada hal yang tidak beres, biasanya akan terasa perbedaan, seperti mobil yang terasa kurang stabil,  tarikan lambat, atau beberapa tanda lainnya. Namun, untuk beberapa komponen mobil, ada juga yang bisa

Panel Instrumen Mobil

                            Panel Instrumen Mobil

kamu ketahui dengan memperhatikan warna lampu yang ada pada panel instrumen mobil.

Yap, warna lampu tersebut memang sebenarnya memiliki arti. Sayangnya, banyak pemilik mobil yang belum paham dan mengabaikan hal ini. Nah, supaya mobil kesayanganmu ini awet dan tidak mengalami kerusakan yang cukup parah, yuk mulai pahami arti dari warna lampu tersebut.

  • Hijau

Jika warna lampu yang menyala masih berwarna hijau, artinya komponen tersebut masih dalam kondisi baik dan aman. Jadi, kamu tidak perlu khawatir saat mengendarai mobilmu.

  • Kuning atau Orange

Jika pada saat kamu menyalakan mobil atau dalam kondisi berkendara, ada salah satu instrumen yang warna lampunya berubah menjadi kuning, maka sebaiknya kamu waspada. Sebab, ini adalah salah satu tanda bahwa komponen tersebut mengalami suatu masalah.

  • Merah

Jika lampu instrumen sudah menyala berwarna merah, artinya kamu harus benar-benar waspada. Sebab, komponen ini bisa jadi hampir atau sudah mengalami masalah yang serius. Jika kamu sedang dalam kondisi berkendara, sebaiknya segera menepi dan menghentikan mobilmu kemudian lakukan pemeriksaan terhadap komponen yang bermasalah ini.

Tapi hati-hati ya, sebab ada beberapa instrumen pada panel ini yang juga memang menyala dan berwarna orange dalam kondisi normal sekalipun, karena itulah kamu harus memahami juga arti dari setiap lambang instrumen yang ada pada panel instrumen ini. Dengan memahami hal ini, maka kamu akan bisa mengendarai mobilmu dengan nyaman dan aman. Mesin mobilmu juga pasti akan lebih awet. (Vita)

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: