Wajib Coba: Nasi Goreng Merah Khas Makassar

Sedang menginap pada sebuah hotel di Makassar? Nah, selain mengunjungi tempat wisata, maka Anda pun harus mencoba kuliner khas yang ada di sana. Makassar merupakan salah satu kota yang memiliki banyak kuliner. Salah satu yang terkenal adalah nasi goreng merah yang populer ke seluruh penjuru Indonesia. Pasalnya, nasi goreng khas Makassar ini berbeda seperti nasi goreng yang biasa kita kenal. Apa yang membedakannya? Simak dalam liputan berikut!

Sesuai dengan namanya, nasi goreng merah memang memiliki warna merah. Jika biasanya warna nasi goreng

nasi goreng merah

nasi goreng merah

adalah kecokelatan karena efek kecap, maka nasi goreng Makassar ini memiliki warna kemerahan. Warna yang mencolok ini tentunya menarik perhatian banyak pihak karena terlihat menggugah selera dan juga unik. Lantas, apakah warna merah ini melambangkan tingkat kepedasan nasi gorengnya?

Jawabannya adalah tidak. Sebab warna merah dari nasi goreng ini berasal dari saus berbahan tomat. Banyak pihak yang menyangka bahwa warna merah tersebut berasal dari cabai atau beras merah. Asumsi yang sebenarnya salah karena nasi goreng merah Makassar biasa menggunakan tomat sebagai bahan pewarnanya. Keberadaan tomat ini juga memberikan sentuhan tersendiri pada nasi gorengnya. Rasa manis, asam, dan juga pedas menjadi cita rasa yang unik dan pasti akan kamu rasakan ketika mencobanya.

Cara pembuatan nasi goreng merah sebetulnya mudah. Pertama-tama, kamu harus mempersiapkan saus tomat yang otentik ini. Caranya adalah dengan merebus tomat hingga matang, dikupas, cincang kasar, lalu disaring. Nah, hasil perasan inilah yang kemudian menjadi pewarna untuk nasi goreng merah. Nasi akan dimasak dengan saus tomat ini, lalu ditambahkan topping seperti nasi goreng pada umumnya. Ketika sudah jadi, biasanya nasi goreng merah ini akan diberi potongan jeruk nipis dan nantinya akan diperas di atas nasi goreng. Rasa asam, manis, segar, dan juga pedas akan berpadu menjadi satu.

Nah, kalau kamu penasaran dengan rasa nasi goreng merah ini, kamu bisa menemukannya dengan mudah di Makassar. Gerai yang paling terkenal adalah Nasi Goreng Oke yang berada di Jalan Gukung Bulusaraung, Gaddong. Kabarnya, nasi goreng merah di sini telah dibuka sejak lama sehingga cita rasanya tak perlu dipertanyakan lagi.

Gimana, tertarik untuk mencicipinya?

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: