Turunkan Kolesterol dengan Makanan Ini

Kolesterol memang menjadi ancaman bagi setiap orang. Pasalnya, saat tubuh kelebihan kadar kolesterol ini, maka dapat meningkatkan risiko munculnya sakit stroke. Dimana, jika sudah diserang stroke, penderita pun tidak akan mampu untuk menggerakkan sebagian maupun keseluruhan bagian tubuh.
Meskipun begitu, penyakit berbahaya ini tetap bisa dicegah dengan berbagai cara menurunkan kolesterol secara alami atau dengan pola makan yang sesuai untuk penderita kolesterol. Misalnya saja makanan masa sajakah yang harus dihindari? Atau, makanan apa saya yang boleh dimakan penderita? Apakah penderita kolesterol mengonsumsi telur, atau makanan berlemak lainnya? 

Lalu, makanan apa sajakah yang bisa menurunkan kolesterol di tubuh ini? Mari, disimak daftarnya di bawah ini:

penurun kolesterol

penurun kolesterol

  1. Sebagian dari Anda mungkin banyak yang mengira jika cokelat tidak baik untuk kesehatan tubuh, karena mengandung lemak trans yang bisa membuat tubuh menjadi gemuk sekaligus bisa meningkatkan kolesterol. Akan tetapi, fakta ini tidaklah selalu benar, sebab jika Anda mengonsumsi dark chocolate secara rutin malah dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini disebabkan cokelat hitam memiliki kandungan antioksidan flavanoid yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di tubuh.
  2. Anda tentu pernah sarapan dengan Oat ini? Yap, dijadikan sebagai makanan sehat, Oat pun dianggap mampu menurunkan kolesterol di tubuh. Sebab, Oat mengandung senyawa beta glucan yang bisa menyerap kolesterol jahat (LDL) tubuh kemudian langsung dikeluarkan melalui kotoran. Dipercaya, mengonsumsi Oat ini setiap hari dalam jangka waktu enam minggu, maka dapat menurunkan LDL sebesar 5%. Masih gak mau sarapan dengan Oat?
  3. Ikan Salmon. Kandungan Omega 3 yang tersimpan di dalam ikan salmon pun bisa menurunkan kolesterol di tubuh. Namun, tidak hanya ikan salmon, kandungan ini juga bisa didapat melalui ikan tuna, hering, sarden, teri, dan sebagainya.
  4. Kacang-kacangan. Siapa nih yang suka makan kacang? Mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin selama satu bulan, ternyata dapat menurunkan kolesterol jahat sebanyak 9,3%. Akan tetapi, baiknya jangan memakan kacang ini secara berlebihan, karena tidak menutup kemungkinan bisa menaikkan kadar kolesterol tubuh. Untuk kacangnya sendiri Anda bisa mengonsumsi kacang almond, tanah, walnut, pistachio, kedelai, pecan, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa jenis maakanan sehat yang baik dikonsumsi oleh penderita yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Semoga bermanfaat! –SH–

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: