Trik Belajar Grammar dan Kosakata Bahasa Inggris

Grammar dan Kosakata atau vocabulary  merupakan hal yang penting pada saat belajar bahasa Inggris dasar atau pun bahasa lainnya. Memahami grammar dan mengingat vocabulary baru akan membantu proses belajar bahasa Inggris untuk pemula lebih mudah. Sayangnya, grammar dan vocabulary ini juga bukan sesuatu yang mudah dipelajari. Grammar bahkan bisa dikatakan merupakan materi yang paling sulit dalam belajar bahasa Inggris. Tapi, jangan keburu ciut dulu, kedua materi ini bisa kok ditaklukan dengan trik dan cara yang tepat.

Berikut ini beberapa trik yang bisa dilakukan untuk menghapalkan sekaligus memahami grammar dan kosakata baru dalam bahasa Inggris,

belajar bahasa inggris

belajar bahasa inggris

yakni:

Buku teks dan kamus

Meski kadang membosankan, namun buku teks grammar merupakan hal yang penting dalam belajar grammar bahasa Inggris, sama

pentingnya dengan memiliki kamus saat mempelajari dan menghapalkan kosakata.teks dan kamus ini bisa menjadi panduan kita untuk melihat apakah grammar dan kosakata yang sudah dihapalkan sudah benar atau belum.

Tulis

Menulis dengan menggunakan tangan, bukan dengan komputer atau gadget lainnya, terbukti dapat membuat materi lebih mudah diingat oleh otak dalam jangka waktu yang lebih lama. Cobalah untuk menuliskan grammar dan vocabulary yang baru, ingat ya tulis dengan menggunakan tangan. Tulislah sejumlah vocabulary baru ini dalam secara mengulang selama 10-25 menit dalam sekali tulis. Setelah itu, ulangilah beberapa kali dalam sehari. Jangan lupa untuk menuliskan artinya di samping vocab tersebut.

Banyak membaca

Untuk lebih membiasakan diri dengan bahasa Inggris, perbanyaklah membaca bacaan dalam bahasa Inggris, bisa berupa novel ataupun website berita bahasa Inggris. Saat membaca ini kita bisa sambil menebak apa kira-kira arti dari kata baru yang ditemukan atau jenis grammar yang digunakan. Tapi jangan buka kamus atau buku panduan pada saat membaca. Tandai saja vocab atau grammar baru yang tadi ditemui, setelah selesai membaca baru kemudian lihat pada kamus dan buku teks untuk memastikannya.

Latihan dan latihan

Bahasa merupakan hal yang harus terus diulang atau dilakukan agar tidak hilang. Lakukanlah tes dan latihan secara berkala untuk mengasah kemampuan dan ingatan kita terhadap grammar dan vocab bahasa Inggris. Cobalah melakukan test tertulis atau dengan melakukan conversation dengan teman kita. (raw)

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: