Tips Sebelum Menempuh Perjalanan Jauh dengan Motor

Melakukan perjalanan dengan motor sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh masyarakat. Tidak hanya untuk menempuh perjalanan dengan jarak yang dekat saja, motor juga digunakan untuk menempuh perjalanan dengan jarak yang cukup jauh, misalnya saja seperti perjalanan antar kota. Biasanya, sebelum menempuh perjalanan jauh pengendara motor akan melakukan perawatan motor terlebih dahulu, misalnya dengan mengganti oli motor matic bagi pengguna motor matic, dan oli motor biasa untuk motor manual. Pemilihan oli sesuai jenis motornya, ditujukan agar kondisi motor lebih prima dan lebih nyaman saat sedang dikendarai.

tips perjalanan jauh

tips perjalanan jauh

Selain mengganti oli motor, masih ada banyak hal lain yang harus dipersiapkan oleh pengendara motor sebelum menempuh perjalanan jauh, antara lain:

  • Memeriksa kondisi motor secara keseluruhan

Jangan pernah lupa, bahwa motor memiliki komponen lain yang sama pentingnya seperti oli. Karena itulah, pastikan untuk memeriksakan kondisi motor secara keseluruhan. Beberapa hal yang harus diperiksa antara lain, kondisi ban, rem, mesin, dan berbagai hal lain. Selain itu, jika merasa agak kurang nyaman mengendarai motor kita, sebaiknya segera mencari tahu penyebabnya agar dapat segera terselesaikan. Karena jika kita merasa tidak nyaman, ini akan berdampak pada keselamatan kita selama dalam perjalanan.

  • Memeriksa kelengkapan motor

Periksa berbagai alat-alat tambahan dalam motor yang berguna jika suatu saat kita perlu membongkar motor saat diperjalanan (karena mogok atau hal lainnya). Selain itu, pastikan juga bahwa surat-surat yang kita butuhkan lengkap dan masih hidup (SIM dan STNK belum melebihi masa berlakunya). Jangan lupa untuk mempersiapkan helm ber-SNI yang nyaman digunakan dan jaket yang cukup tebal.

  • Menata barang bawaan

Sebaiknya, kita melakukan penataan terhadap semua barang yang akan kita bawa dalam perjalanan beberapa hari sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk membantu kita memikirkan ulang barang apa yang tidak perlu kita bawa jika ternyata saat penataan barang yang dibawa terlalu banyak.

  • Mencari informasi kondisi jalan yang akan dilalui

Sebaiknya, carilah informasi bagaimana kondisi jalanan yang akan kita lalui. Baik kondisi jalannya, keamanannya, pencahayaan, dan kepadatannya. Jika kondisi jalanan yang akan dilalui dirasa kurang aman, pencahayaan kurang, atau jalanannya berlubang, sebaiknya hindari melakukan perjalanan malam.

Selain mempersiapkan berbagai hal di atas, satu hal yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan fisik kita. Sebaiknya, hindari melakukan pekerjaan yang terlalu melelahkan sesaat sebelum perjalanan. SSelamat berkendara dan semoga sampai tujuan dengan selamat. (Yv)

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: