Tips Perawatan AC Mobil

Perawatan mobil tidak harus pada mesin, atau penampilan mobil saja tapi bisa juga termasuk pada perawatan dalam interior mobil, yaitu ac mobil. Ac mobil walaupun terlihat sepele tapi tetap harus diperhatikan karena Ac mobil yang rusak juga dapat mempengaruhi kinerja mesin mobil. Selain itu pastinya AC yang bekerja tidak maksimal membuat mesin mobil bekerja lebih berat dan menganggu kenyamanan Anda.

Perawatan AC mobil ini mudah asalkan Anda rajin melakukan pencegahan-pencegahannya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Anda melakukan perawatan mobil untuk AC :

1. Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet 2 lembar yang didepan karena akan tersedot kedalam evaporator sehingga menyebabkan terjadi nya jamur dan spora yang sangat tidak baik untuk kesehatan, serta menimbulkan bau yang tidak enak bila pertama kali AC dinyalakan.

2. Saat mencuci mobil, bukalah kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian kondensor AC ( yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak didepan radiator )karena kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras dan mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor.

3. Lebih baik memilih tempat parkir yang teduh bila parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, karena kalau di tempat yang

ac mobil

ac mobil

panas biasanya ketika pengemudi masuk, ruang dalam kendaraan sangat panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.

4.Periksalah ExtraFan ( kipas ) yang didepan condensor apakah hidup bila AC dinyalakan. Bila tidak hidup segeralah ganti, karena bila tidak akan mengakibatkan compressor rusak atau selang high press bisa meledak.

5. Jangan merokok di dalam mobil karena akan asapnya akan mengotori  Evaporator dan  nikotinnya yang lengket serta berlendir dapat menimbulkan bau tak sedap dan susah dihilangkan.

6. Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan Anda melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.

7. Sebelum menghidupkan mesin, matikan AC terlebih dahulu. Sesudah mesin stabil baru hidupkan AC. Begitupun sebaliknya, matikan Ac terlebih dahulu bila mau mematikan mesin.

8. Jangan memakai pengharum wewangian yang mutunya kurang jelas karena akan menimbulkan bau yang susah dibersihkan. Dan jangan memakai pengharum model colok ke grill karena sering terjadi patah ( karena sebagian grill susah dapat dibeli di pasaran )

9. Kalau terjadi atau mulai merasakan  gejala yang tidak biasa seperti AC kurang dingin, lebih baik segera ke bengkel spesialis AC mobil, agar tidak terlanjur rusak yang dapat mengakibatkan biaya melambung tinggi.

10. Disarankan untuk melakukan perawatan rutin AC setahun sekali. Yang perlu diganti adalah Receiver Dryer, Oil Compressor, services Blower, Evaporator, kuras Condensor dan Freon. Perawatan rutin ini disamping untuk memperpanjang fungsi komponen AC menjadi lebih lama juga dapat membuat udara yang berhembus tetap segar dan tidak berbau

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Begitu juga dalam melakukan perawatan mobil Anda lebih baik melakukan perawatan rutin daripada memperbaiki ac bahkan mungkin mesin mobil Anda.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*