Tips Meningkatkan Fokus Kerja Saat Kerja dari Rumah

Tips Meningkatkan Fokus Kerja Saat Kerja dari Rumah

Kerja dari rumah atau istilah zaman now disebut dengan work from home (WFH) bukanlah hal yang baru dikalangan para karyawan kantoran. Sistem kerja ini sebenarnya sudah sejak lama diterapkan namun dalam beberapa bulan terakhir sistem kerja ini populer setelah virus corona (Covid-19) menyerang seluruh dunia.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat agar tetap di rumah saja serta kepada perusahaan untuk menerapkan sistem kerja dari rumah kepada seluruh pegawainya untuk menekan laju penyebaran virus corona tersebut.

Di era modern saat ini, kerja dari rumah tentu menjadi tantangan tersendiri bagi siapapun, meski penerapan sistem kerja seperti ini sangat mudah dilakukan.

Tantangan Kerja dari Rumah

WFH sendiri mempunyai tantangan tersendiri, apalagi jika karyawan tersebut mempunyai anak sehingga akan mempengaruhi fokus kerjanya. Selain anak, beberapa tantangan kerja dari rumah lainnya, antara lain yaitu:

  • Gangguan dari lingkungan sekitar, seperti istri/ suami, anak kecil, dan lain-lain sehingga menyebabkan slow respon.
  • Jaringan internet yang tidak stabil sehingga mengganggu fokus kerja dan komunikasi tidak lancar.
  • Terbawa suasana santai sehingga menyebabkan hilangnya fokus kerja akibat streaming atau surfing di dunia maya.
  • Berpikir untuk bekerja di luar rumah, seperti cafĂ©, restoran, dan beberapa tempat umum lainnya merupakan salah satu tantangan tersendiri yang biasanya dialami saat WFH.
  • Bekerja sambil rebahan di kasur atau sofa yang ujung-ujungnya membuat kamu mengantuk sehingga menyebabkan seluruh pekerjaan tidak terselesaikan dengan baik.

Lalu bagaimana caranya agar kamu bisa terus tetap fokus bekerja meski sedang WFH? Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan, antara lain yaitu:

  1. Disiplin dan Membatasi Penggunaan Sosial Media

Saat WFH, cobalah untuk selalu disiplin meski atasan tidak mengawasi. Atur jam kerja dan jam istirahat sedetail mungkin agar seluruh pekerjaan kamu dapat segera terselesaikan. Selain itu, batasi juga penggunaan sosial media meski kamu diberikan kebebasan waktu saat melaksanakan WFH dari kantor.

  1. Hindari Menunda Pekerjaan

Bekerja dari rumah tentunya membuat kamu memiliki banyak waktu luang yang dapat kamu gunakan. Meski begitu, bukan berarti kamu dapat dengan bebas menunda-nunda sebuah pekerjaan. Sebab, hal ini dapat merugikan kamu dan perusahaan karena seluruh pekerjaan tidak dapat terselesaikan sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan antara perusahaan dengan klien.

  1. Buatlah Ruang Kerja yang Nyaman

Salah satu tantangan bekerja dari rumah adalah tidak adanya tempat bekerja yang nyaman layaknya di kantor. Karena itu, agar kamu tetap fokus dalam bekerja, sebaiknya buatlah sebuah ruang kerja yang aman dan nyaman dari gangguan. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menata ruangan yang ada di rumah kamu dengan baik sesuai keinginanmu.

  1. Buatlah Jadwal Prioritas

Agar pekerjaan kamu selesai tepat waktu, sebaiknya kamu membuat jadwal prioritas dari seluruh pekerjaan yang kamu pegang sehingga seluruh pekerjaan yang kamu pegang bisa tertangani dengan baik sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

  1. Berdiskusi dengan Keluarga

Agar kamu bisa tetap fokus dalam bekerja, alangkah baiknya kamu mendiskusikan perihal pekerjaanmu serta masalah yang kemungkinan dapat terjadi jika WFH yang kamu lakukan bermasalah. Mintalah pengertian dari anggota keluarga yang lain agar tidak mengganggu pekerjaan kamu saat WFH sehingga seluruh pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.

  1. Buat Mood Positif saat Pagi

Agar semangat bekerja tetap terjaga, sebaiknya lakukan hal kecil yang dapat membuat mood kamu dalam bekerja meningkat, seperti mandi, menggunakan pakaian yang nyaman, atau menenggak segelas kopi sebelum memulai pekerjaan. Hal ini dilakukan agar tetap menjaga fokus dan performance kamu dalam bekerja.

  1. Olahraga dan Menjaga Kebersihan

Meski sedang WFH, kamu tidak harus bangun siang kan? Bangunlah pagi hari untuk berolahraga sehingga membuat tubuh menjadi segar dan sehat. Nikmatilah sarapan pagi mu dengan tenang agar energi yang kamu butuhkan saat bekerja cukup. Selain itu, jagalah kebersihan ruang kerjamu agar tetap terlihat nyaman saat digunakan bekerja.

Selain melakukan beberapa tips di atas, kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi yang dapat menunjang kinerja atau performance kamu saat WFH, antara lain yaitu:

Slack

Slack merupakan salah satu aplikasi penunjang work from home yang bisa kamu manfaatkan agar dapat berkomunikasi dengan rekan satu divisi atau dari divisi lain dalam satu perusahaan saat menangani suatu project.

Trello

Trello merupakan salah satu aplikasi penunjang WFH yang berfungsi sebagai pengingat dari task atau pekerjaan yang harus kamu kerjakan. Selain itu, aplikasi ini juga membantu kamu dalam mengetahui skala prioritas dari pekerjaan tersebut.

Dokodemo-Kerja

Dokodemo-Kerja adalah aplikasi terbaru yang dibuat untuk meningkatkan efektivitas dan performance dari para karyawan. Aplikasi ini membantu divisi HR untuk memantau seluruh aktivitas kerja para karyawan secara langsung dan memberikan penilaian terhadap masing-masing individu. Melalui aplikasi ini, divisi HR tidak perlu repot-repot lagi dalam mengevaluasi kinerja dari masing-masing karyawan.

Zoom

Zoom merupakan aplikasi video conference yang berfungsi untuk melakukan panggilan video bersama team atau klien dalam membahas suatu project atau progress perkembangannya secara tatap muka.