Tips Menekan Budget saat Traveling

Ada kalanya kendala untuk bepergian keluar negeri terletak pada budget nya yang lumayan menguras isi kantong. Namun anda bisa mengakalinya dengan membeli promo paket tour yang biasa di tawarkan pada acara – acara travel fair. Selain pembelian promo paket tour, berikut adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menekan budget anda dan mengoptimalkan keefektifannya.

  1. Buat itinerary detail

Buatlah itinerary perjalanan secara mendetail. Meskipun pada praktek lapangannya anda tidak akan 100% mengikuti

eropa

eropa

bahkan hingga menit dan detiknya, ada baiknya jika itinerary anda lebih mendetail. Hal ini dapat membantu dalam penyusunan budget, terutama untuk bagian transportasi ke depannya.

  1. Tempat bermalam alternative

Hotel mewah bukan selalu pilihan utama ketika anda pergi keluar negeri. Masih banyak alternative murah yang bisa anda gunakan untuk tempat bermalam seperti halnya restoran 24 jam atau net café, yang memiliki tarif jauh lebih murah dibandingkan jika anda bermalam di hotel atau penginapan.

  1. Perhatikan konsumsi

Hasrat ingin mencoba segala macam makanan khas tempat yang anda kunjungi memang sangat besar. Anda mungkin tidak akan merasakan makanan dengan citarasa yang lebih otentik dari mencobanya di tempat asalnya. Namun anda juga perlu mengatur konsumsi anda dalam budgeting. Tidak semua makanan yang ingin anda coba berharga murah atau terjangkau. Ada baiknya jika anda kembali mengatur budget anda jika memang masih ingin mencoba makanan dengan harga yang lumayan mahal.

  1. Manfaatkan transportasi dan waktu

Untuk mengoptimalkan budget, anda bisa memanfaatkan transportasi seperti bus malam. Selain anda tidak akan melewatkan pemandangan apapun, anda juga dapat beristirahat dengan tetap melaju menuju ke kota atau objek wisata berikutnya. Jangan lupa untuk selalu mengecek jadwal keberangkatan dai bus malam agar tiket yang anda pesan sebelumnya tidak akan hangus.

  1. Beli oleh – oleh secukupnya

Jika anda bepergian, biasakanlah untuk tidak menerima banyak pesanan atau titipan baik dari saudara maupun dari rekan anda. Selain untuk menjaga agar bagasi anda tidak over limit, anda juga bisa menekan biaya yang dikeluarkan untuk keperluan oleh – oleh. Beli lah secukupnya saja, paling tidak untuk keluarga inti, apabila budget dan space koper tidak mencukupi.

  1. Gunakan atm hanya pada keadaan terdesak

Selalu biasakan untuk membawa cash seperlunya agar tidak terjadi pemborosan yang tidak direncanakan. Selain itu, gunakan lah atm hanya pada keadaan terdesak saja, seperti tertinggal kereta dan mengharuskan anda menginap di hotel di sekitar stasiun dan keadaan terdesak lainnya. Usahakan menukar mata uang ketika berada di negara tujuan karena kurs di negara yang anda kunjungi pada umumnya lebih stabil dibandingkan kurs di Indonesia.

Masih banyak hal lain yang dapat anda lakukan untuk menekan budget seminimal mungkin namun dapat anda optimalkan semaksimal mungkin. Jadi, mari mencoba bepergian keluar negeri dengan perencanaan budget yang efektif.

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: