Tips Memilih Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik

Apa yang biasanya menjadi pertimbangan Anda ketika memilih asuransi jiwa? Kebanyakan orang memilih asuransinya hanya karena berdasarkan bujukan dari agen asuransi. Padahal, ada satu faktor penting dalam memilih asuransi yang wajib dipertimbangkan, yakni perusahaan asuransi yang dipilih.

Tingkat kesadaran masyarakat akan manfaat dengan menjadi peserta asuransi kini semakin tinggi. Kondisi ini membuat industri asuransi jiwa raup keuntungan 167,7 triliun tahun 2014 lalu. Namun memang dalam memilih perusahaan penyedia jasa asuransi terbaik memang dibutuhkan pertimbangan dari beberapa hal di antaranya:

  • Kondisi Finansial Perusahaan. Ini bisa jadi merupakan hal yang paling penting ketika memilih perusahaan asuransi. Tidak peduli seberapa bagusnya sebuah produk asuransi, Anda harus yakin bahwa kondisi finansial perusahaan tersebut cukup aman untuk
    informasi asuransi

    informasi asuransi

    membayarkan klaim asuransi Anda. Jadi, lakukanlah riset untuk mengetahui bagaimana kondisi finansial perusahaan tersebut. Dan pilihlah perusahaan dengan kondisi keuangan yang sehat.

  • Produk asuransi. Kebanyakan perusahaan menawarkan produknya dengan beragam fitur dan aturan yang berlaku. Pilihlah perusahaan yang menawarkan produk yang fitur dan ketentuannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk mencari informasi atau review dari konsumen yang pernah menggunakan jasa dari perusahaan asuransi tersebut.
  • Besaran premi. Besaran premi yang diwajibkan untuk dibayarkan oleh anggota asuransi selama periode asuransi berbeda-beda di setiap perusahaan. Ini karena beberapa perusahaan asuransi menawarkan penawaran spesial fitur lain yang tidak diberikan oleh perusahaan lainnya. Atau bisa juga karena memang perusahaan tersebut membebankan biaya yang lebih mahal. Untuk menghindari beban yang tidak perlu ini, sebaiknya lakukanlah perbandingan plan asuransi dari berbagai perusahaan.
  • Costumer service. Bagi sebagian besar orang, terutama mereka yang awam, asuransi jiwa merupakan suatu hal yang rumit. Karenanya akan sangat membantu bila berurusan dengan petugas atau staff terpercaya yang peduli dengan kebutuhan Anda serta bisa berkomunikasi dengan baik. Sebaliknya, bila Anda ternyata perusahaan asuransi tersebut banyak memiliki masalah atau komplain dari konsumennya terkait dengan costumer service-nya yang buruk, maka sebaiknya Anda mulai mencari alternatif perusahaan lain.

Dengan mempertimbangkan beberapa faktor penting dalam memilih perusahaan asuransi jiwa tersebut, diharapkan kita bisa memilih perusahaan asuransi yang terbaik. (raw)

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: