Tips Membangun Bisnis Musiman Jelang Hari Raya

Menjelang hari raya seperti Lebaran ini biasanya banyak pedagang yang mencoba peruntungannya mendapatkan keuntungan lebih besar dengan membuka atau membangun bisnis musiman. Namun, persaingan pada bisnis musiman ini bukanlah hal yang bisa dianggap remeh, justru karena sifatnya yang musiman, banyak pedagangan yang benar-benar memanfaatkan peluang ini sebaik-baiknya. Sehingga bila Anda tidak berusaha maksimal, keuntungan yang Anda dapat pun tidak banyak.

Berikut ini beberapa tips untuk memaksimalkan bisnis musiman Anda agar mendapatkan keuntungan yang juga maksimal, di antaranya:

Carilah info mengenai trend menjelang hari besar. Anda bisa mencari makanan atau hal lain yang tengah menjadi trend di masyarakat menjelang lebaran atau hari raya lainnya melalui internet atau media social. Dengan mengetahui trend ini Anda bisa lebih Penjual musimanfokus dan berimprovisasi untuk mengatasi persaingan pada bisnis tersebut.

Lengkapi Produk, pada saat Anda melakukan survei mengenai trend dan minat pasar, Anda juga bisa tahu celah mana saja yang bisa dijadikan kekuatan ketika membangun bisnis musiman Anda. Misalnya saja barang apa yang memiliki demand tinggi di pasar namun baru sedikit yang menjualnya. Dari sini Anda bisa melengkapi pilihan produk pada usaha Anda untuk lebih menjaring pelanggan. Produk yang dijual pun usahakan memiliki rentang harga yang beragam, sehingga Anda bisa menjaring pelanggan dari berbagai kalangan.

Ciptakan inovasi. Menjelang hari raya, Anda pasti tahu bahwa tidak hanya ada satu-dua pedagang saja yang menjajakan jualan yang sama dengan harga yang bersaing. Untuk bisa menarik perhatian pelanggan, maka Anda harus mampu berinovasi untuk memberikan hal yang berbeda dari pesaing lainnya. Misalnya saja kemasan yang lebih unik dan menarik untuk kue kering Anda atau  warna, corak dan design yang lebih beragam untuk baju muslim atau mukenah. Dengan begitu, pelanggan pun akan lebih tertarik untuk membeli produk Anda dibandingkan dengan produk lainnya.

Perbanyak produksi. Biasanya menjelang hari raya atau lebaran, pelanggan akan memesan pesananannya jauh-jauh hari, dan tak jarang pesanan yang datang pun bisa jauh lebih besar dari hari biasanya. Manfaatkan hal ini untuk meraih untung besar dengan cara memperbesar kapasitas produksi, misalnya dengan menambah pekerja Anda.

Mulai pikirkan ide dan kreasi sebelum musim lebaran atau liburan menjelang. Selaian di saat lebaran, bisnis musiman juga biasanya muncul pada saat musim liburan. Mulailah memikirkan ide dan kreasi bisnis yang akan dibangun sebelum mendekati musim liburan tersebut. Sehingga ide yang Anda hasilkan pun bisa lebih maksimal karena tidak terburu waktu.

Namun coba untuk pikirkan beberapa Ancaman terhadap Bisnis Online ketika kita memutuskan untuk ikut memanfaatkan momen Hari Raya untuk mendirikan bisnis musiman online tersebut. Nah, selamat membangun bisnis musiman Anda. (raw)

 

Tags: , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

Pingbacks/Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*