Tips Makanan dan Minuman Tetap Segar di Lemari Es

Menyimpan makanan dan minuman di dalam lemari es ternyata tidak bisa sembarangan. Salah rak penyimpanan bisa menyebabkan makanan cepat busuk atau bahkan terkontaminasi makanan lainya dan menyebabkan rasanya berubah. Lalu bagaimanakah cara yang tepat dalam menyimpan makanan dan minum yang tepat di dalam kulkas?

Berikut beberapa tips dalam menyimpan makanan dan minuman di dalam lemari es agar tetap segar yang diambil dari berbagai sumber, di antaranya:

Penataan berdasarkan rak:

Rak paling atas

Rak paling atas merupakan tempat paling hangat dalam kulkas. Bagian ini merupakan tempat yang paling cocok untuk menyimpan makanan seperti yogurt, keju, dan berbagai saus. Anda juga bisa menyimpan masakan sisa yang untuk kembali dikonsumsi pada rak ini. Susu juga akan lebih awet bila disimpan di bagian ini, dibandingkan dengan menyimpannya di rak pintu kulkas yang akan selalu terpapar udara hangat saat lemari es dibuka.

Rak bawah

Rak bagian bawah ini merupakan tempat yang paling dingin dalam kulkas. Jadi Anda bisa menaruh daging mentah seperti daging sapi, ayam, atau ikan yang tentunya sudah dimasukkan ke wadah plastik di bagian ini. Selain itu, menaruh produk daging mentah di bagian ini juga menghindarkan tetesan air dari daging mentah ini mengenai makanan yang siap makan.

Kabinet sayuran

Seperti namanya bagian ini memang dikhususkan untuk menyimpan sayuran atau buah-buahan. Beberapa merek kulkas bahkan melengkapi kabinet ini dengan pengontrol kelembaban, yang dapat membantu sayuran yang mudah layu seperti brokoli, dedaunan, timun, dan wortel agar tetap awet.

Rak pintu

Rak di pintu kulkas ini memiliki suhu yang tidak stabil alias turun naik. Hal ini karena ketika pintu kulkas dibuka, rak bagian inilah yang akan terkena paparan hangat dari luar. Rak bagian ini biasanya digunakan untuk menyimpan telur, jus, dan selai. Bagian rak yang memiliki penutup cocok digunakan untuk menyimpan mentega dan margarin agar lebih dingin.

Berdasarkan jenis makanan:

Sayuran dan buah-buahan

Jangan simpan sayuran dan buah dal satu tempat. Karena, buah memiliki zat ethilene yang dapat mempercepat kebusukan sayuran di sekitarnya. Jangan mencuci buah dan sayuran ketika hendak di simpan di dalam kulkas agar tidak cepat busuk. Selain itu, berilah jarak antara sayuran yang disimpan ini agar dapat tahan lebih lama.

Susu dan produk olahannya

Bila anda berencana untuk menyimpan susu dalam waktu yang lama sebaiknya pindahkan susu ke dalam wadah kaca. Wadah karton lebih mudah ditumbuhi bakteri dibandingkan dengan wadah gelas. Sedangkan untuk keju, simpanlah dengan dibungkus menggunakan aluminium foil agar tidak mudah berjamur dan mengeras ujung-ujungnya.

Daging mentah

Sebaiknya simpan di bagian rak bawah kulkas dan tempatkan di wadah yang tertutup. Ini untuk menghindari bau amisnya menyebar di dalam kulkas serta tetesan air yang bisa mengenai makanan lain dan merusak rasanya.

Semoga tips tadi tadi bisa menginspirasi Anda dalam menyimpan makanan agar lebih segar di dalam lemari es.

Leave a Reply

%d bloggers like this: