Tips Internetan saat Liburan di Luar Negeri

Kebutuhan manusia akan internet sepertinya tidak pernah ada putusnya. Bahkan ketika berlibur pun, kita tetap memerlukan internet. Entah untuk berbagi status di media sosial, berhubungan dengan keluarga dan teman, reservasi hotel, hingga mengerjakan pekerjaan yang bisa saja tiba-tiba datang. Contoh saja saat kita tengah liburan di dalam negeri, misalnya saja ke klaten, kita bisa memanfaatkan internet dari provider atau wi-fi untuk gadget kita.

Sementara itu untuk liburan di luar negeri, kita juga masih bisa memanfaatkan fasilitas internet dari kartu provider lokal, namun banyak juga yang lebih memilih untuk memanfaatkan wi-fi gratis agar lebih hemat. Nah, berikut ini beberapa tips untuk menggunakan internet, terutama wi-fi gratis saat liburan di antaranya:

Internet Hotel

Lebih baik bila kita mencari hotel atau histel yang menyediakan fasilita internet atau Wi-Fi gratis. Terutama bila kita butuh internet di jam-jam aneh, seperti pada dini hari. Sebelum booking hotel ada baiknya tanyakan fasilitas ini dan pastikan fasilitas ini gratis.

Coffee shop atau kafe

Saat tengah berjalan-jalan, kita bisa manfaatkan fasilitas internet atau Wi-Fi gratis untuk laptop atau smartphone kita. Tempat makan, kafe, dan coffee shop di luar negeri seperti di Amerika Serikat dan Eropa biasanya telah dilengkapi fasilitas Wi-Fi gratis ini. Kita cukup lihat stiker Wi-Fi gratis yang biasanya terpampang di pintu depan atau kaca.

SIM provider lokal

Saat berlibur di luar negeri, kita juga bisa menggunakan SIM card dari provider lokal. Carilah SIM card dengan fasilitas paket internet yang sesuai dengan kebutuhan kita selama berlibur. Misalnya bila kita hanya liburan selama seminggu saja, cari SIM card dengan paket internet yang memungkinkan kita menggunakannya hanya seminggu saja. Sehingga kita tidak buang-buang uang karena harus menggunakan paket internet untuk sebulan. Untuk pilihan ini, pastikan ponsel atau smartphone kita kompatibel untuk digunakan di luar negeri.

Warnet

Nah, kalau daerah yang kita datangi ternyata masih minim fasilitas Wi-Fi gratis, maka kita bisa menggunakan fasilitas warung internet (warnet) atau lebih dikenal dengan sebutan internet café. Sama seperti di Indonesia, tarif warnet di luar negeri pun dipatok per jam pemakaian.

Meski ada fasilitas internet ini, tapi jangan sampai malah membuat kita terpaku dengan sosial media di smartphone kita ya. Pastikan kita menikmati liburan dengan maksimal!

Leave a Reply

%d bloggers like this: