Tips dan Trik Belanja Oleh-oleh di Bali

Apa yang biasanya ada dalam daftar wajib Anda ketika mengunjungi Bali? Biasanya hal pertama yang terpikirkan adalah membuat daftar tempat wisata apa saja yang akan dikunjungi, kemudian hotel di Bali mana yang akan dijadikan sebagai akomodasi Anda di sana, dan tempat kuliner mana saja yang harus dicoba. Selain beberapa hal tersebut, ada satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan, yakni oleh-oleh untuk kerabat atau relasi Anda.

Oleh-oleh merupakan satu hal yang penting dan bisa dibilang wajib pada saat Anda berwisata. Apalagi, Bali memiliki banyak kerajinan seni serta kuliner yang rasanya sayang kalau tidak dibawa pulang atau dibagi-bagi dengan teman dan keluarga. Tapi, jangan sampai pembelian oleh-oleh ini justru menghabiskan budget atau mengganggu perjalanan Anda.

Berikut ini beberapa tips dan trik dalam membeli oleh-oleh di Bali, di antaranya:

Buat daftar barang yang ingin dibeli dengan kisaran harganya. Lakukanlah sedikit riset, bisa dengan bertanya pada teman yang

oleh-oleh bali

oleh-oleh bali

pernah ke Bali atau dengan mencarinya di internet, untuk mengetahui kisaran harganya. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan budget untuk membeli oleh-oleh ini.

Cari tahu tempat paling murah namun berkualitas untuk membeli oleh-oleh tersebut. Jangan sampai karena malas, Anda memilih membeli oleh-oleh di tempat atau toko yang dekat dengan Hotel di Bali Anda, padahal bisa saja lebih mahal dibandingkan tempat lainnya. Tempat oleh-oleh yang sudah terkenal murah adalah pasar di daerah Sukowati. Namun, layaknya pasar maka suasananya pun panas dan berdesakan. Bila Anda tidak merasa nyaman dengan suasana tersebut maka bisa memilih untuk membelinya di toko-toko khusus souvenir, namun dengan harga yang biasanya sedikit lebih mahal.

Jangan takut untuk menawar. Bila Anda membeli oleh-oleh di pasar tradisional, maka kemungkinan besar barang-barang tersebut masih bisa ditawar. Ingat untuk melakukan penawaran dengan sopan dan sebaiknya tawar hingga 50% terlebih dahulu hingga mendapatkan harga yang fix.

Pilih barang yang mudah dibawa. Membawa barang yang berat dan banyak tentunya akan sangat menganggu perjalanan Anda ketika hendak pulang. Karena itu, sebaiknya pilih barang yang ringan dan mudah untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Kirim dengan paket. Bila ternyata oleh-oleh yang dibeli berjumlah banyak dan berat, Anda bisa menggunakan jasa pengiriman barang yang biasanya ditawarkan di toko-toko souvenir di Bali. Dengan begitu Anda tidak akan repot ketika membawanya, meski dengan pengeluaran yang lebih.

Nah, semoga tips tadi bisa membantu Anda dalam berbelanja oleh-oleh selama di Bali. (raw)

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: