Tips Cermat Mengelola Keuangan untuk Remaja

Masa-masa remaja memang merupakan ‘the sweetest moments’ dalam hidup seseorang. Hang out, jalan-jalan, menjalankan hobi merupakan hal-hal yang sangat identik dengan kehidupan seorang remaja. Di era millennial seperti hari ini, remaja dihadapkan pada realitas yang sangat nyata yaitu ‘terbukanya informasi’. Tidak heran mengapa hari ini semakin banyak anak muda yang kreatif dan berhasil mencapai kesuksesan finansial di usia muda. Bagi kamu anak muda yang ingin mencapai kesukesan finansial di usia dini, mulailah dengan mengelola keuanganmu. Beberapa tips cermat mengelola keuangan berikut ini bisa menjadi rujukan terbaik jika kamu ingin sesukses senior-seniormu!

Tentukan Prioritas

Meskipun masih remaja, bukan berarti sumber keuanganmu selalu berasal dari orang tua. Hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin mengelola keuangan yaitu tentukan prioritas. Tentukan berbagai jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Apa yang ingin kamu capai dalam waktu dekat ini?
  • Apa cita-citamu, dan bagaimana kamu bisa mewujudkannnya?
  • Apa tujuan jangka panjang kamu jika kamu mulai mengelola keuangan saat ini?

Pada masa remaja, mungkin kamu akan mulai memikirkan untuk mendaftar di universitas favorit, membuat usaha bersama teman, membuat sebuah karya, atau mungkin menikah muda. Nah kamu bisa tentukan prioritas terlebih dahulu, baru kamu bisa melakukan pengelolaan keuangan yang baik dan benar. Kamu bisa memulainya dengan menabung Rp.10.000 sehari dan gunakan wishlist agar semuanya terencana.

Rencanakan Segala Sesuatunya Secermat Mungkin

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan para remaja yaitu boros. Pergi ke mall bersama teman-teman dan akhirnya sadar bahwa uang sudah habis dibelikan sepatu dan pakaian baru. Atau nonton konser yang harga tiketnya sama dengan uang saku selama sebulan. Inilah yang membuat para remaja stuck disitu-situ saja, hang out lalu uang habis! Jika kamu memiliki prioritas, sebaiknya mulai cermat pada apa yang sering kamu lakukan, baik untuk keperluan sendiri atau bersama teman-teman. Jika temanmu mengajak untuk menonton konser Coldplay, sebaiknya cek dulu kemampuan finansial kamu dan juga prioritas keuangan yang telah kamu tentukan.

Jangan Dulu Membeli Gadget Mahal

Di era millennial seperti hari ini, terdapat stigma buruk yang selalu melekat pada kehidupan para remaja yaitu semakin bagus gadgetnya maka semakin bagus status sosialnya. Padahal hal itu sama sekali tidak esensial. Jika kamu memiliki prioritas untuk kuliah di luar negeri atau menikah muda, sebaiknya jangan gampang tergoda untuk membeli gadget-gadget mahal.

Belanja Online dan Temukan Promo

Selain itu agar keuanganmu semakin hemat, sebaiknya alihkan aktivitas belanja di mall menuju toko online. Mengapa? Karena biasanya saat belanja di mall, kita suka lupa diri dan menghabiskan banyak uang disana. Selain itu juga, saat memasuki mall kita tidak tahu apakah ada promo atau tidak disana. Berbeda jika kamu belanja secara online, kamu bisa menemukan produk-produk yang dilabeli promo sehingga kamu bisa menghemat pengeluaranmu. Kamu bisa menulis query promo Tokopedia 2017 di mesin pencari untuk melihat berbagai promo Tokopedia yang harganya jauh dibawah produk-produk yang dijual di mall.

Bersenang-senanglah dengan Cara yang Spesifik

Sebagai anak muda, tentunya kamu juga harus menyediakan waktu untuk bersenang-senang. Namun agar finansial tidak terganggu, kamu harus membuat tema-tema kegiatan yang lebih spesifik. Misalnya nih, kamu sangat suka sekali travelling, maka minggu ini kamu bisa travelling. Lalu di minggu berikutnya, kamu bisa menahan diri untuk tidak melakukan hang out apapun. Nah pada minggu selanjutnya, kamu bisa makan di restoran paling kekinian bersama teman-teman. Bersenang-senanglah dengan cara yang lebih spesifik!

 

Belajar Katakan ‘Tidak’ pada Ajakan Teman yang Melebihi Kemampuan Finansialmu

Pada masa remaja, pasti selalu ada teman yang memiliki hobi dengan ongkos diatas rata-rata. Sebaiknya berani katakan ‘tidak’ pada teman yang mengajakmu untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang menghabiskan uang terlalu banyak.

Nah itulah beberapa tips mengelola keuangan untuk remaja, jadikan beberapa poin diatas sebagai inspirasi bagi kamu yang ingin sukses di usia muda. Semoga sukses!

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: