Tips Berbisnis Makanan Secara Online

Bisnis secara online merupakan bisnis dengan prospek yang sangat menjanjikan akhir-akhir ini. Pasalnya, bisnis ini bisa dilakukan tanpa harus mengajukan pinjaman uang yang besar. Modal yang diperlukan tidak sebesar membuka toko, terutama jika bisnis yang dijalankan merupakan bisnis makanan. Nah, jika kamu ingin mulai berbisnis makanan secara online, begini caranya:

  1. Tentukan menu yang ingin diangkat. Ingatlah bahwa yang berjualan makanan secara online bukan kamu saja.
    makanan

    makanan

    Pilih menu yang mungkin akan menarik perhatian calon pembeli dan cek pangsa pasarnya. Kamu bisa memilih menu makanan yang sedang viral dan mengkreasikannya sesuai dengan inovasimu atau mencoba menu yang benar-benar baru sehingga membuat orang penasaran.

  2. Bentuk visual. Berjualan secara online artinya kamu lebih mengedepankan penampilan visual dari sesuatu yang ingin kamu jual karena pembeli tidak bisa melihat secara langsung. Untuk itu, setelah menentukan menu yang ingin dijual, kamu pun harus mengecek tampilan visualnya. Pastikan jika menu yang ingin dijual memiliki tampilan visual yang menarik dan bisa memancing perhatian calon pembeli.
  3. Deskripsi sejelas mungkin. Hal lain yang harus diperhatikan saat berjualan makanan secara online adalah deskripsi yang digunakan. Cantumkan deskripsi tentang menu yang kamu jual dan tulis sejelas mungkin. Kamu bisa menuliskan bahan apa saja yang digunakan dan bagaimana deskripsi rasanya. Dengan begitu, calon pembeli bisa sedikit mendapat gambaran tentang makanan yang dijual dan tidak menimbulkan kekecewaan nantinya.
  4. Gunakan seluruh media sosial. Untuk mempromosikan bisnis makananmu, manfaatkan seluruh media sosial dan juga aplikasi Memasang iklan di instagram, facebook, atau twitter juga bisa membantu untuk melebarkan jaringan calon pembelimu. Pilih konsep yang menarik untuk mengunggah postingan di media sosial agar semakin banyak followers dan potential buyer yang datang ke akunmu.
  5. Pelayanan yang profesional. Terakhir, jangan lupa berikan pelayanan yang profesional kepada calon pelanggan. Jawab pertanyaan yang diberikan dengan ramah dan detail, serta langsung proses pemesanan setelah konsumen melakukan transfer. Dengan begitu, konsumen pun bisa merasa senang.

Itu dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar bisnis makanan onlinemu bisa berjalan lancar. Semoga membantu dan bisa bermanfaat, ya!

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: