Tips Berbelanja Bumbu Dapur

Belanja hemat sudah menjadi wajib hukumnya, terutama untuk kaum ibu-ibu. Apalagi saat ini beberapa bumbu dapur yang krusial seperti bawang merah, bawang putih juga mengalami kenaikan harga. Belanja hemat dalam hal belanja bumbu dapur juga bisa menghemat pengeluaran Anda.

Berikut berbelanja hemat untuk hal bumbu dapur:

  1. Buat daftar keperluan Anda sebelum berbelanja
  2. Membeli bumbu segar memang sangat baik untuk masakan, tapi ada kekurangannya, yaitu jika Anda harus menyediakan bumbu segar untuk kebutuhan selama minimal seminggu tentu saja bisa membuat boros karena bumbu segar tidak tahan lama,
    bumbu dapur

    Belanja Bumbu Dapur

    solusinya akan lebih baik jika menggunkan bumbu kering yang tahan lama dan praktis

  3. Perhatikan masa tenggang bumbu yang dibeli. Belilah bumbu dengan masa tenggang yang masih lama agar bumbu masih fress dan selain itu juga  waktu pemakaian pun menjadi lebih panjang/tahan lama
  4. Untuk menyimpan bumbu basah, bungkus rapat lalu simpan dalam kulkas. Untuk bumbu kering bisa ditaruh dalam lemari makanan yang bersuhu ruangan dan kering.
  5. Bila ingin mencoba bumbu yang baru pertama kalinya, lebih baik membeli kemasan yang paling kecil agar ketika Anda kurang cocok dengan rasa bumbu masakan tersebut, tidak banyak yang terbuang.
  6. Untuk bumbu masak yang akan sering dipakai lebih baik beli dalam kemasan yang lebih besar karena harganya akan lebih murah, tapi pastikan juga tanggal kadaluarsanya.
  7. Jika membutuhkan bumbu dapur basah ataupun bumbu yang segar, pastikan terlebih dahulu untuk apa saja pemakaiannya sehingga tidak terbuang sia-sia
  8. Perhatikan kebersihan bumbu Anda juga, semakin bersih tentu saja semakin meghindarkan dari kerusakan
  9. Perhatikan kemasan bumbu masak apakah masih dalam kondisi yang baik. Kemasan yang rusak dapat mempengaruhi kualitas makanan.
  10. Pisahkan bumbu dapur yang mudah rusak ataupun berbau tajam untuk mencegah tidak merusak bumbu jenis lainnya

Masalah belanja bumbu dapur memang terlihat sepele, tapi ternyata tanpa kita sadari banyak bumbu-bumbu yang terbuang karena ketidak pedulian kita yang bisa dikumpulkan akan sangat lumayan jumlahnya untuk uang belanja kebutuhan lainnya.

Selamat berbelanja bumbu dapur dengan cerdas.

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply