Tips Beli Gitar di Toko Alat Musik

Saat ini membeli gitar sangat mudah dengan adanya toko online. Dengan toko online kita bisa membeli gitar tanpa harus repot keluar rumah. Meski begitu, ada keuntungan dari membeli gitar di toko alat musik yang tidak bisa didapatkan ketika membeli online, yakni kita bisa memegangnya secara langsung. Namun kebanyakan toko musik bukan hanya menjual alat-alat musik, namun sekaligus juga menjual berbagai jenis alat fitness.

Jangan remehkan hal ini. Karena setiap gitar memiliki kesan uniknya tersendiri yang hanya bisa dirasakan ketika disentuh langsung dengan tangan kita. Seberapapun lamanya waktu Anda digunakan dibelakang komputer atau laptop untuk mencari gitar, tidak ada yang bisa

membeli gitar

membeli gitar

menggantikan rasa tersebut.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa membantu ketika membeli gitar di toko alat musik, di antaranya:

Lakukan riset secara online. Ini untuk mendapatkan informasi mengenai pilihan gitar yang bagus dan sesuai dengan gaya bermusik kita. Cobalah baca review baik di blog maupun forum serta lakukan perbandingan perbandingan harga. Dari sini kita bisa mendapatkan kandidat beberapa gitar yang mungkin cocok dengan kita.

Jangan hanya kunjungi satu toko musik. Pada setiap mal pastinya terdapat satu atau dua toko alat musik. Pastikan untuk mengunjungi semua toko musik yang terdapat di daerah kita. Dengan begitu kita bisa memiliki pilihan yang luas.

Belanja di jam yang sepi. Jam ramai atau peak hour dari toko musik biasanya terjadi pada saat weekend, atau di sore hari ketika orang-orang pulang dari kantor dan sekolah. Pada jam-jam sepi ini bisanya pelayanan toko akan lebih terasa personal dan maksimal.

Mintalah untuk diperbolehkan mencoba gitar. Tidak semua toko musik memperbolehkan pelanggannya untuk memegang barang yang dijual. Jadi bila kita  menemukan satu gitar yang tidak memperboleh untuk mencoba gitarnya, lebih baik cari toko lain. Karena  itu sama saja dengan membeli secara online, di mana kita tidak bisa merasakan gitar secara langsung.

Bertanya pada pegawai toko. Biasanya sebagian besar pegawai atau petugas di toko musik bisa bermain musik dan bahkan menggeluti musik. Kita bisa meminta pendapat mereka mengenai gitar yang cocok untuk kita berdasarkan pengalaman mereka.

Negosiasi harga. Meski biasanya sudah ada harga yang terpampang, namun tidak menutup kemungkinan bahwa harga tersebut masih bisa ditawar. Selain menadapatkan harga yang lebih murah, kita juga bernegosiasi untuk mendapatkan bonus lain, misalnya strap dan string gitar, pick, dan lainnya.

Tukar tambah. Beberapa toko gitar ada yang menerima transaksi secara tukar tambah. Jadi bila kita memiliki gitar lama yang sudah tidak dimainkan lagi, kita bisa memanfaatkan fitur ini dan mendapatkan harga yang lebih murah.

Pastikan aturan pengembalian atau garansi toko gitar bila terjadi hal-hal yang tidak diingingkan terhadap gitar tersebut di kemudian hari.

Bandingkan dengan penawaran yang diberikan oleh toko lain. Persaingan antara toko alat musik saat ini semakin tinggi, pemilik toko sangat sadar dengan penawaran yang diberikan oleh toko online terhadap barang yang sama. Nah, cobalah lakukan  negosiasi berdasarkan informasi penawaran ini dan bisa saja toko memberikan harga yang tidak beda jauh dengan penawaran toko online.

Harga lebih tinggi, lalu? Harga di toko musik memang bisa saja lebih tinggi dibandingkan dengan toko online, karena itu coba pastikan fasilitas atau servis apalagi yang bisa kita dapatkan sebagai ganti dari harga yang tinggi ini. Bisa saja berupa servis after sales yang bagus.

Meski membeli secara online memudahkan, namun pengalaman memegang gitar secara langsung, mendapatkan pengetahuan mengenai gitar, serta menambah kenalan dengan pemiliki toko alat musik merupakan pengalaman yang tidak bisa diabakan.

Selamat berburu gitar! (raw)

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply