Tetap Sehat saat Nonton TV

Kegiatan nonton TV disinyalir sebagai salah satu penyebab meningkatnya obesitas alias kegemukan di masyarakat. Apalagi bila saat menikmati acara favorit di TV ini dibarengi dengan nyemil makanan ringan. Jumlah makanan yang kita santap saat nonton TV ternyata bisa lebih banyak dibandingkan dengan saat kita makan di meja makan. Tapi, bukan berarti kita tidak bisa menjaga tubuh tetap sehat meski tengah nonton TV kabel Semarang, loh. Caranya adalah dengan mengganti kegiatan nyemil  ini dengan kegiatan olahraga ringan.

Waktu melakukan olahraga

Kita bisa melakukan olahraga ringan sepanjang acara atau pada saat iklan di tengah-tengah acara. Kalau  kita termasuk orang yang tidak bisa berkonsentrasi saat melakukan hal lain saat menonton TV atau memang acara TV tersebut sedang seru maka kita bisa melakukan olahraga ringan tadi pada saat jeda iklan. Pada satu acara saja, biasanya terdapat sekitar 3 hingga 5  kali iklan yang masing-masing berkisar

menonton tv kabel

menonton tv kabel

antara 2 sampai 4 menit . Berarti dalam satu acara saja kita bisa melakukan sekitar 10 hingga 20 menit olahraga.

Selain saat iklan, kita bisa melakukan olahraga dengan di tengah-tengah acara. Bisa sepanjang acara atau pada saat-saat tertentu saja agar tidak merasa lelah. Misalnya saja setiap kali ada karakter tertentu muncul kita melakukan push up, kemudian saat karakter musuh muncul kita melakukan sit up, dan seterusnya. Dengan begitu, olahraga jadi terasa lebih seru.

Olahraga yang dilakukan

Ada banyak jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan selama menonton TV ini, misalnya saja:

  • Lari di tempat. Ini merupakan olahraga paling mudah yang bisa dilakukan.
  • Posisi olahraga ini seperti posisi menahan pada push up, meski sederhana namun lumayan sulit dilakukan. Kita bisa melakukannya secara perlahan mulai dari 20 detik di awal-awal, hingga akhirnya bisa menahan hingga 1 menit.
  • Sambil menonton TV kita bisa mengangkat dumbel untuk melatih otot lengan kita. Kalau ternyata tidak memiliki dumbel, kita bisa memanfaatkan botol air minum yang diisi air sebagai beban.
  • Dan sebagainya.

Nah, dari pada menonton TV sambil nyemil tentu akan lebih sehat bila kita berolahraga ringan seperti di atas, kan? (raw)

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: