Ternyata, Nama Ini Pernah Disandang oleh Kota Jakarta

Sebelum menyandang nama Jakarta, ternyata awal mulanya ibukota negara Indonesia tercinta ini dulunya pernah mengalami banyak perubahan nama yang mungkin belum diketahui oleh warga Indonesia. Meski, terkenal dengan sebutan Batavia dan Sunda Kelapa, namun nyatanya masih banyak nama berbeda yang dulu sempat disandang oleh kota satu ini. Dan tidak menutup kemungkinan jika salah satu nama ini, tanpa disengaja pernah Anda lihat saat tengah menelurusi jalanan di sekitaran Sultan Hotel Jakarta.

Lantas, nama apa sajakah yang dulu pernah disandang oleh kota Jakarta ini? Adapun beberapa namanya adalah sebagai berikut ini;

  1. Sunda Kelapa. Hingga saat ini nama Sunda Kelapa yang pernah disematkan kepada ibukota Jakarta, memang masih terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, tahukah Anda, bila nama ini dulu baru disandang oleh kota Jakarta pada abad ke-14? Yang mana, pada saat itu, Sunda Kelapa dikenal sebagai kota pelabuhan yang dijadikan sebagai pusat perdagangan oleh Kerajaan Padjadjaran.
  2. Setelah menyandang nama Sunda Kelapa, nama ibukota Jakarta ini pun berubah menjadi Jayakarta. Nama Jayakarta ini sendiri diganti pada tanggal 22 Juni 1527 oleh pahlawan Fatahillah, dimana kala itu masyarakat berhasil mengusir penjajah Portugis yang dulu pernah menguasai Indonesia. Dan tanggal inilah yang menjadi hari lahir ibukota Jakarta.
  3. Stad Batavia. Selama masa penjajahan Belanda di Indonesia, nama Jakarta pun diganti lagi menjadi Stad Batavia. Penggantian nama ini terjadi pada tanggal 4 Maret 1621. Tidak mengganti nama ibukota, sistem pemerintahan negara Indonesia juga diubah oleh Belanda.
  4. Gemeente Batavia. Tepat tanggal 1 April 1905, nama ibukota yang semula Stad Batavia diubah kembali oleh Belanda menjadi Gemeente Batavia.
  5. Stad Gemeente Batavia. Berselang 30 tahun, nama ibukota kembali ditukar namanya menjadi Stad Gemeente Batavia. Nama ini diganti pada tanggal 8 Januari 1935 oleh Belanda.
  6. Jakarta Toko Betsu Shi. Namun, pada masa penjajahan Jepang di Indonesia, lagi-lagi nama ibukota kembali berganti menjadi Jakarta Toko Betsu Shi yang diubah pada tanggal 8 Agustus 1942.
  7. Pemerintahan Nasional Kota Jakarta. Akan tetapi, pada saat Indonesia mengumumkan kemerdekaannya, nama Jakarta pun diubah menjadi Pemerintahan Nasional Kota Jakarta pada tahun 1945.
  8. Stad Geemente Batavia. Tapi, sayangnya di masa pendudukan NICA di Indonesia pada tahun 1950, nama ibukota pun kembali berganti menjadi Stad Geemente Batavia.
  9. Kota Praj’a Jakarta. Tak lebih dari satu bulan, nama Jakarta pun kembali diganti menjadi Kota Praj’a Jakarta.
  10. Kota Praja Djakarta Raya. Lantaran, dinyatakan sebagai daerah otonom atau Swatantra, akhirnya tanggal 18 Januari 1958 berganti menjadi Kota Praja Djakarta Raya.
  11. Pemerintahan Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya. Saat dikeluarkan PP No 2 tahun 1961, maka nama ibukota pun berubah menjadi Pemerintahan Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya.
  12. Setelah itu, kota satu ini pun resmi menyandang nama Jakarta pada tanggal 31 Agustus 1987.
  13. Ibukota DKI Jakarta. Pada masa orde baru, ibukota kembali diganti namanya berupa Ibukota DKI Jakarta.
  14. DKI Jakarta. Ketika di orde baru ini, nama kota Jakarta dirombak menjadi DKI Jakarta, dan sampai saat ini masih melekat untuk ibukota Jakarta.

Ternyata, sebelum menjadi Jakarta, ibukota Indonesia ini memiliki banyak nama, ya? –SH–

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: