Tentang Asuransi Investasi

Kini asuransi investasi sedang menjadi tred dan sedang dalam sorotan, di mana asuransi dan investasi digabung menjadi satu.  Ketika berbicara tentang asuransi dan investasi seharusnya ini menjadi satu kesatuan di mana kita telah mencapai kemapanan dalam hal finansial. Perkembangan teknologi yang kini banyak berkembang juga diikuti oleh produk keuangan, di mana kini melahirkan produk Unit Link nama lain dari asuransi investasi.

Asuransi Investasi Sama Dengan Unit Link

Asuransi investasi atau kini disebut Unit Link mulai dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1998, berbeda jauh dengan luar negeri yang

asuransi investasi

asuransi investasi

telah memperkenalkan unit link ini pada tahun 1960. Sebagai langkah mudahnya, Unit Link adalah sebuah produk keuangan yang menawarkan dua manfaat secara sekaligus, yakni manfaat asuransi dan investasi.  Namun biasanya unit link ini ditawarkan kepada calon nasabah adalah sebagai asuransi. Tetapi ini berbeda dengan asuransi konvensional , di mana para agen akan menawarkan manfaat lain dari produk ini yaitu manfaat investasi.

Memilih Asuransi Investasi, Pikirkan Dahulu

Lantas, apakah salah jika kita memilih unit link ? tentu tidak, karena setiap produk keuangan tentu akan ada resiko yang mesti dihadapi. Begitu juga dengan produk asuransi investasi atau unit link yang tentu aka nada kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu, perusahaan asuransi akan menugaskan setiap agen asuransi untuk menawarkan produk asuransi investasi kepada masyarakat. Tentu ada imbalan  yang akan diberikan perusahaan asuransi jika para agen berhasil menawarkan produk unit link ini dan nasabah langsung menyetujui untuk ikut. Lalu Tentang Asuransi Investasi, apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari produk asuransi investasi ini ?

Kelebihan Asuransi Investasi

Tentu setiap produk keuangan seperti asuransi investasi pasti ada kelebihannya, di mana kelebihan tersebut akan menjadi nilai jual nya. Berikut ini beberapa kelebihan atau manfaat yang akan didapatkan nasabah :

  • Praktis

Tentu dengan memilih produk asuransi investasi, kita bisa memiliki perlindungan untuk masa depan sekaligus investasi yang bisa menghasilkan keuntungan yang berlimpah.

  • All in one

Asuransi jiwa, kecelakaan, penyakit kritis dan investasi menjadi dalam 1 produk.

  • Pembayaran mudah

Ikuti produk asuransi investasi atau unit link sangat dimudahkan dalam pembayaran preminya, karena biasanya pembayaran bisa dilakukan melalui kartu kredit.

Kekurangan Asuransi Investasi

Ada kelebihan pasti juga ada kekurangan dari produk asuransi investasi seperti :

  • Premi akan jauh lebih mahal

Berbeda dengan premi asuransi konvensional, seperti asuransi pensiun yang produk asuransi investasi atau unit link ini ada biaya tambahan yang harus dan mau tidak mau dibayarkan oleh nasabah untuk diinvestasikan.

  • Tidak fokus

Memang bagus 2 manfaat dalam 1 produk, namun ini menjadikan tidak fokus dengan apa yang menjadi kebutuhan si nasabah. Akan lebih baik jika kita bisa memilih dan fokus akan satu fungsi saja  yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Manfaat kecil

Premi yang telah dikeluarkan pada tahun pertama, biasanya akan hilang sejumlah 75%–90% ketika kita memutuskan untuk membeli unit link. Hilangnya premi ini disebut biaya akuisi yang akan dibebankan kepada nasabah ketika memutuskan membeli unit link. Tentu ini membuat manfaat dari produk asuransi investasi menjadi kecil, dan banyak orang yang tidak sadar akan hal ini.

  • Jenis investasi tidak jelas

Nasabah tidak akan pernah mengetahui jenis investasi yang diambil secara detail. Selain itu nasabah juga tidak bisa memilih jenis investasi yang diinginkannya. Jadi, kini semua ada di tangan Anda. Apakah tetap ikut produk asuransi investasi dan mengeluarkan biaya premi tambahan tanpa ada kepastian yang jelas mengenai investasi yang Anda ikuti.

 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: