Tempat Pertunjukan Seni tari di Surabaya

Kota yang terkenal dengan sebutan kota pahlawan ini memiliki beragam kesenian yang sangat menarik untuk di saksikan. Kota ini banyak menggabungkan kesenian tradisional dan kesenian modern yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat, salah satu kesenian yang paling banyak peminatnya adalah tarian. Terkadang ada beberapa Surabaya Hotel yang menampilkan kesenian ini di saat-saat tertentu. Tapi tidak perlu kuatir jika tempat kalian menginap tidak sedang menampilkan pertunjukan tari, karena ada beberapa tempat yang bisa kalian kunjungi. Beberapa tempat ini bahkan tidak hanya menampilkan pertunjukan tari tradisional Surabaya saja, tapi juga tari dari negara lain. Berikut ini adalah tempat pertunjukan tari yang bisa kalian kunjungi:

  • Gedung Cak Durasim

Gedung ini berlokasi di komplek taman budaya Jawa Timur. Gedung ini sering di gunakan untuk pertunjukan tari dan seni budaya lainnya. Nama gedung ini diambil dari nama seorang aktor ludruk saat jaman penjajahan Jepang di Indonesia. Pada saat itu beliau menggunakan ludruk untuk membangkitkan semangat juang dan juga untuk mengkritik masa pemerintahan Jepang. Untuk menghormati beliau sebagai pejuang kesenian, di gedung ini juga terdapat monumen setengah badan Cak Durasim. Bukan hanya seni

pertunjukan tari

pertunjukan tari

tari saja yang sering di tampilkan di gedung ini, seni teater dan seni musik seringkali juga ditampilkan.

  • Pusat Kebudayaan Perancis

Pusat kebudayaan ini merupakan lembaga kebudayaan milik Prancis yang berlokasi di Jalan Doarmokali 10-12. Nama lain dari pusat kebudayaan ini yaitu Centre Cultural de Cooperation Linguistique, namun  sejak 1 Januari 2012 berganti nama menjadi Institut Francis Indonesia (IFI).  Selain berada di Surabaya IFI juga ada dikota lain, seperti Bandung Jogjakarta, dan berpusat di Jakarta. Ditempat ini sering digelar pertunjukan tari dan seni lainnya yang berasal dari Prancis maupun kesenian Indonesia.

  • Galeri Surabaya

Galeri ini berlokasi di Balai Pemuda Surabaya. Tempat ini merupakan ruang publik, sehingga siapapun bebas memanfaatkan galeri ini untuk berbagai pertunjukan seni tari, seni musik, theater, dan sebagainya. Galeri ini masih sangat aktif menampilkan beragam kesenian setiap bulannya.

Tertarik dengan kesenian? Mungkin tempat-tempat diatas dapat menjadi bahan referensi kalian

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: