Tata Cara Buka Puasa Yang Baik dan Dianjurkan

Bulan Ramadhan ialah bulan penuh berkah yang dinanti berjuta umat Muslim di  dunia, termasuk juga soal buka puasa. Banyak kebiasaan baru yang harus kita lakukan saat bulan Ramadhan, diantaranya mengatur pola makan. Dari tiga kali sehari menjadi dua kali sehari, saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini juga diatur dalam Islam, yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW tentang bagaimana adab beliau saat berbuka puasa. ternyata kebiasaan itu

buka  puasa

buka puasa

bisa menjadi kebiasaan yang baik bila kita melakukanya dengan tepat.

Nah bagaimana tuntunan yang diajarkan rasulullah selama menjalankan ibadah puasa? terutama terkait dengan buka puasa. Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Menyegerakan Buka

Beliau pernah bersabda:

“Manusia senantiasa dalam kebaikan selagi mereka menyegerakan berbuka puasa.” (Bukhari dan Muslim). Yang artinya, Rosul menganjurkan umatnya untuk senantiasa segera berbuka puasa jika waktunya telah tiba. Tidak malah mengundur-undurnya, karena perbuatan yang demikian dilakukan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani.

  1. Didahului dengan yang manis

Disunahkan bagi kita untuk berbuka dengan yang manis-manis. Rosul pernah mencontohkan dengan minum air secukupnya lalu memakan kurma 3 butir. Lalu beliau melaksanakan solat Magrib, baru makan besar.

  1. Selalu ingat untuk memberi makan orang lain

Rosulullah SAW bersabda:

“Barang siapa memberi makan seorang yang berpuasa, ia mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikitpun pahalanya.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah). Sungguh Allah benar-benar memberkahi siapapun yang menggunakan hartanya di jalan-Nya. Hadis tersebut juga mengingatkan kita, bahwa ibadah puasa juga merupakan ibadah sosial yang menambah kepekaan umat Muslim kepada sesamanya. Sekiranya, beberapa poin di atas adalah tatacara yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW saat berbuka puasa.

Lebih lengkap lagi, saat berbuka puasa jangan langsung makan makanan berrat. Makanlah makanan yang ringan terlebih dahulu. Lalu menjalankan ibadah sholat maghrib dan akan lebih baik juga langsung isya serta tarawih. Baru setelah menjalankan ibadah tarawih, kita sambung makan lagi.

Nah hal yang tak kalah penting ketika mencari tempat berbuka. Tentu kita juga diperintahkan untuk tidak boros. Oleh karena itu, ada baiknya kita mencari tempat makan yang murah, ataupun mencari voucher buka puasa untuk berhemat.

Tags: , , ,

Leave a Reply