Supaya Aki Mobil Tetap Awet, Jangan Lupa Periksa Hal Ini!

Pada saat mengendarai sebuah mobil, pernah gak nih kalian mengalami mesin mobil yang tiba-tiba mogok di tengah jalan dan tidak bisa dinyalakan lagi? Kalau sudah begini, meskipun kamu menjaga tampilan mobil dengan oven agar tetap terlihat bagus juga akan percuma saja, karena mobil tidak akan bia digunakan. Nah, jika kamu pernah mengalaminya, maka tidak menutup kemungkinan mobil kalian tengah bermasalah di bagian akinya. Aki mobil yang jarang diganti maupun baru saja diganti dengan yang baru, terkadang masih saja bisa mengakibatkan mobil mogok ataupun mati, lantaran adanya beberapa bagian di dekat aki yang rusak atau letaknya tidak beraturan.

Apabila sudah seperti ini, tentu saja kalian harus cepat menanganinya, dan jika mobil kalian masih tetap tidak menyala secepatnya kalian perbaiki ke bengkel terdekat dengan memanfaatkan asuransi kendaraan yang akan

perawatan mobil

perawatan mobil

membayar semua perbaikannya.

Akan tetapi, sebenarnya untuk menghindari supaya mobil tidak mogok yang diakibatkan oleh aki yang sudah soak maupun rusak sangatlah gampang sekali, hanya saja banyak diantara kalian yang sering mengabaikan aturan ini, dan akhirnya mobil kalian pun mati dan mogok secara tiba-tiba. Nah, supaya mobil kalian tidak mogok dan mati sekaligus membuat aki tetap awet, alangkah baiknya kalian memeriksa beberapa hal yang ada di bawah ini. Apa sajakah itu? Langsung saja disimak!

  1. Memeriksa kabel terminal pada aki. Agar aki mobil kalian tetap awet dan tidak mengalami yang namanya mogok di tengah jalan, sebaiknya secara teratur kalian memeriksa kondisi kabel terminal pada aki. Apabila ada kabel yang kendor, segera kencangkan dengan menggunakan kunci khusus sampai tidak dapat lagi diputar. Adanya kabel yang kendor ini, hanya akan mengakibatkan mobil tidak bisa disarter, sehingga mobil pun mati dan tidak akan pernah menyala.
  2. Periksa bagian kepala aki. Selanjutnya, kalian bisa memeriksa bagian kepala aki. Pada saat kalian memeriksa bagian kepala aki ini dan menemukan ada jamur di sekitaran kepala aki. Maka, kalian bisa membersihkannya dengan air hangat dan lap. Dibersihkannya bagian yang berjamur ini, tentu saja untuk menghindari agar tidak menyebabkan kabel aki putus, sehingga tidak akan membuat mobil mati maupun mogok.
  3. Selalu periksa ventilasi udara pada aki. Untuk menghindari supaya mobil tidak mogok maupun mati, alangkah baiknya kalian memeriksa ventilasi udara. Jika ada ventilasi udara yang dihinggapi kotoran, secepatnya bersihkan kotoran yang menutupinya. Mengapa? Ya, kotoran yang didiamkan mengendap lama kelamaan bisa membuat aki meledak.
  4. Melihat kondisi pengisian pada mobil.  Sistem pengisian pada mobil berfungsi untuk menjaga aki agar tetap dalam keadaan penuh. Namun, jika pada malam harinya kalian mengalami posisi lampu, aksesoris, serta air conditioner menyala, lalu pada saat mobil dimatikan dan dinyalakan kembali ketiga bagian tersebut tidak bisa lagi menyala, berarti kondisi pengisian mobil kalian menuju aki tengah bermasalah. Untuk mengatasi hal ini, segera membawanya ke bengkel.

Itulah beberapa hal yang bisa kalian periksa, jika kalian ingin menghindari mobil mogok dan membuat aki tetap awet. –SH–

Tags: , , ,

Leave a Reply