Serunya Berenang Bersama Hiu di Bali

Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengat kalimat berenang dengan ikan hiu? Mungkin yang ada dalam pikiran Anda adalah “Gila”. Namun berenang atau menyelam bersama hiu ternyata meruapakan salah satu kegiatan wisata yang bisa Anda temukan di pulau Bali. Ya, selain pemandangan pantai yang indah dah hotel di Bali yang nyaman, berenang dengan binatang puas ini pun merupakan salah satu daya tarik wisata di Pulau Dewata ini.

Adalah Shark Island di Pulau Serangan Bali, sebelah tenggara Bali yang menawarkan wisata menantang ini. Area berenang dengan hiu ini

shark island bali

shark island bali

merupakan sebuah kandang stainless steel sebesar 10×10 meter dengan pengawasan yang terkontrol dan aman. Sehingga Anda tidak perlu khawatir. Pengunjung segala usia pun bisa menikmati petualangan berharga ini. Namun untuk anak usia 12 tahun disarankan untuk ditemani oleh orang tuanya. Hiu-hiu yang menemani pengujung berenang merupakan hiu-hiu muda atau bayi hiu yang jinak.

Shark Island sendiri merupakan penangkaran hiu yang didirikan oleh Paul Friese. Penangkaran ini didirikan karena kepedulian Paul terhadap keberlangsungan hidup hiu di Bali.  Proyek ini bertujuana untuk mendidik serta memberikan informasi kepada pengunjung dan orang-orang umum mengenai persoalan dalam menghadapai spesies yang terancam punah ini. Serta bagaimana berhubungan dengan hiu dan manfaatnya untuk pengendalian ekosistem laut.

Awalnya, beberapa tahun yang lalu Paul dan temannya mencoba untuk menarik hiu dan menaruhnya di kandang untuk diteliti. Namun sebulan kemudian, ia mendapatkan kabar bahwa seorang nelayan telah membunuh hiu macan sepanjang 3 meter di lokasi tersebut. Dari situ Paul sadar bahwa nelayan setempat setiap malamnya sering memburu hiu yang sudah ia tarik ke daerah tersebut.

Paul pun akhirnya memutuskan untuk membuat penangkaran yang bertujuan melindungi hiu-hiu, terutama hiu muda dan bayi hiu yang lemah dan mudah dijadikan target diburu nelayan.Usahanya tidak sia-sia, para nelayan yang biasanya menangkap hiu sebagai mata pencaharian kini membawa hiu-hiu yang mereka tangkap ke penangkaran milik Paul.

Selain hiu, di tempat ini Anda juga bisa melihat bayi-bayi tukik penyu menetas dan berenang ke laut untuk pertama kalinya. Sungguh merupakan pengalaman yang harus Anda rasakan dan tidak boleh dilewatkan saat mengunjung Bali. (raw)

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: