Sejarah Kompor Listrik

Kompor listrik menjadi andalan baru untui perlengkapan di dapur, karena dari segi keamanan penggunaan kompor listrik ini relative lebih aman dibandingkan kompor minyak ataupun kompor gas. Disis lainnya, kompor listrik dianggap sebagai alternatif untuk menghindari eksplorasi berlebihan pada minyak.

Kompor Listrik Ditemukan

Kompor listrik pertama kali ditemukan oleh David Curle Smith (1859-1922) dan istrinya, Helen Nora. Eksistensi kkompor listik sejak

Kompor listrik

Kompor listrik

tahun 1906 di Kalgoorlie, salah kota pertambangan emas di Australia.

David Curle Smith dan istrinya adalah penulis buku masak, Istrinya sendiriĀ  Helen Nora Curle Smith ( 1861-1924) adalah adik dari penulis esai dan akedemis terkenal, Sir Walter Murdoch. Dia juga bibi dari Sir Keith Murdoch, ayah Rupert Murdoch taipan media pemiliki Star TV.

David Curle Smith adalah orang Skotlandia, pada akhir 1890-an dia memperoleh posisi di lading emas Australia Barat yang sedang mengalami perkembangan saat itu. Saat itu ia bertanggung jawab untuk generator dan pasokan listrik di kota Kalgoorlie karena generator listrik ini harus tetap bekerja pada tingkat tertentu sebagai sumber untuk penerang dimalam hari di kota kecil itu.

Untuk menghindari keborosan, Ia mengembangkan skema untuk mendorong konsumsi listrik yang diproduksi secara berlebih itu di siang hari. Didukung oleh anggota progresif dari Dewan Kota, dia mulai membertikan Kalgoorlie dengan segala jenis peralatan listrik yang bisa di kembangkan dan digunakan kapan saja, mulai dari setrika, kipas angin dan tentu saja kompor listrik.

Pada November 1905, David Curle Smith mengajukan permohonan paten untuk penemuan kompor listriknya. Selain Ia, penemu kompor listrik juga dikreditkan kepada Lloyd Copeman, dia mengajukan paten kompornya pada tahun 1915 dan menjualnya dua tahun kemudian untuk Westinghouse. Komponen penting dari kompor listrik Copeman adalah thermostat yang dipatenkan pada 1909.

Kini kompor listrik sudah banyak digunakan oleh orang-orang dengan berbagai alasan, salah satunya adalah estetika.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: