Segar dan Bisa Turunkan Kolesterol, Ini Minuman yang Bisa Anda Coba

Daftar makanan penurun kolesterol pastinya sudah Anda ketahui. Seperti misalnya konsumsi cokelat untuk bantu turunkan kolesterol. Lantas, bagaimana halnya dengan minuman penurun kolesterol? Apa Anda tahu apa saja jenis minuman tersebut? Well, jika jamu langsung terbersit di kepala Anda, maka Anda salah besar. Sebab minuman penurun kolesterol ini segar dan juga bermanfaat untuk tubuh Anda. Apa saja?

  1. Jus Untuk Anda yang senang minum jus, maka jus anggur bisa dijadikan pilihan sebagai minuman yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol. Nutrisi yang terkandung di dalam anggur bisa membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol buruk yang ada di dalam tubuh. Tidak hanya itu, anggur juga memiliki kandungan antioksidan dan serat yang tinggi. Disarankan untuk mengonsumsi jus anggur setiap hari agar lebih terasa manfaatnya. Ketika mengolah jus anggur, jangan tambahkan madu atau gula ke dalamnya ya. Sebab jus ini bisa bermanfaat jika dikonsumsi fresh tanpa tambahan apa pun.
  2. Teh hijau. Teh hijau atau matcha tidak hanya dikenal sebagai minuman kekinian yang bisa membantu menurunkan berat badan saja, lho. Pasalnya, teh hijau ternyata juga mampu membantu menurunkan kadar kolesterol kita, terutama untuk kolesterol jahat. Teh hijau juga bisa menghambat perkembangan sel kanker karena mengandung katekin dan bisa menangkap radikal bebas. Teh hijau bisa diolah langsung dengan air hangat atau diminum dingin dengan menambahkan es batu.
  3. Yogurt. Selain jus anggur dan teh hijau, yogurt juga bisa membantu menurunkan kolesterol. Pasalnya, yogurt mengandung bakteri lactobacillus yang bisa memengaruhi kadar kolesterol dan memecah molekul garam empedu. Pilihlah yogurt yang plain dan tidak mengandung banyak rasa dan Anda bisa mengonsumsinya secara rutin atau setelah mengonsumsi makanan yang berkolesterol tinggi.

Tiga minuman di atas memang sederhana dan bisa ditemukan di mana saja, namun manfaatnya tubuh Anda cukup signifikan, ya. Namun demikian, meski minuman di atas bisa bantu turunkan kolesterol, bukan berarti Anda bisa seenaknya makan sembarangan. Tetap jaga pola makan agar kolesterol Anda tetap terkontrol.

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: