Sederhana, Tapi Ternyata Bisa Berdampak Pada Kehamilan. Apa, Ya?

Bagi ibu yang sedang hamil, menjaga kehamilan dan memenuhi kebutuhan gizi ibu hamilnya merupakan hal yang wajib dilakukan. Tidak hanya itu, menjaga agar kondisi psikis tetap terjaga dengan tidak terlalu sering menangis saat hamil pun perlu dilakukan. Namun demikian, untuk kita para perempuan yang tidak sedang hamil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan disiapkan bahkan sebelum periode kehamilan, lho. Pasalnya, tanpa kita sadari ada beberapa hal sederhana yang kerap kita lakukan, dan kita tidak tahu bahwa hal tersebut bisa berdampak pada kesuburan. Apa saja, ya?

  1. Tidak bisa lepas dari ponsel. Tidak bisa disangkal, ponsel sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat
    masa kehamilan

    masa kehamilan

    kita, termasuk kalian. Benar, kan? Hampir setiap saat, kita selalu memegang ponsel dan menelusuri sosmed atau berbalas pesan dengan kerabat. Bahkan hal ini terus berlanjut sampai kita sudah berbaring di tempat tidur. Nah, ternyata menurut penelitian, kebiasaan ini sebenarnya sangat berdampak negatif pada kesehatan kita, terutama untuk para perempuan. Sinar radiasi yang menerpa kita saat menggunkan ponsel hingga larut bisa memengaruhi kesuburan perempuan.

  2. Terlalu lama berada di depan televisi. Masih terkait dengan poin satu, ternyata kebiasaan lain yang bisa memengaruhi kesuburan perempuan adalah kebiasaan untuk menonton televisi dalam waktu lama. Terlalu lama berada di depan televisi dan menonton terus menerus ternyata menyebabkan tubuh kita terpapar radiasi cahaya televisi.
  3. Tidur larut malam. Terus menerus bekerja dan mengurangi jam tidur akan membuat performa tubuh menurun. Kita akan menjadi cepat lelah, emosian, dan bahkan kurang konsentrasi. Tidak hanya itu, tubuh kita pun menjadi lebih rentan terhadap penyakit dan bisa berdampak pada masalah kesuburan. Untuk itu, usahakan untuk selalu beristirahat yang cukup dan hindari bergadang atau tidur larut, ya.
  4. Tidur dengan lampu menyala. Nah, siapa nih di antara kalian yang suka tidur dengan kondisi lampu menyala? Padahal, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa tidur dengan lampu dimatikan ternyata lebih baik dibanding tertidur dengan lampu yang menyala. Mengapa? Pasalnya ketika lampu dimatikan maka kedua mata kita akan beristirahat karena tidak ada nyala terang yang mengganggu. Nah, ketika lampu dinyalakan, paparan cahayanya bisa membuat perempuan sulit hamil serta berisiko terkena penyakit kanker dan jantung.

Kebiasaan di atas memang sederhana, bukan? Akan tetapi, kalau terus menerus dilakukan ternyata berbahaya untuk keberlangsungan kesuburan kita. Jadi, kurangi perlahan-lahan, ya! Jangan lupa untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat!

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: