Salah Kaprah Sushi dan Sashimi

Jika Anda mendengar kata “sushi” dan “sashimi”, yang pertama kali terlintas di benak Anda pastilah “Jepang” dan juga “mentah”. Memang, sushi dan sashimi merupakan makanan asal Jepang yang mendunia dan memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Untuk mencicipi sashimi atau sushi karena di Indonesia pun Anda bisa menemukan restoran Jepang dengan mudah.

Hanya saja, meski banyak digemari, ternyata masih ada salah kaprah tentang sushi dan sashimi. Banyak yang mengaitkan sushi dan sashimi sebagai makanan yang melibatkan ikan mentah. Padahal tidak selalu demikian, lho. Sushi tidak selamanya menggunakan ikan mentah dan sashimi pun demikian.

Sushi sendiri merupakan makanan yang terbuat dari nasi yang telah dibumbui. Nasi pada sushi terbuat dari beras khusus yang bernama uruchimai yang kemudian dibumbui dengan cuka beras, garam, dan gula untuk membuat rasa khusus khas sushi. Selanjutnya, sushi akan dikreasikan sedemikian rupa dan dicampur dengan berbagai macam topping. Yang paling populer adalah sushi roll yang menggunakan rumput laut (nori) sebagai pelapis bagian luarnya. Untuk bagian isian, bisa menggunakan sayur, berbagai bahan makanan laut, atau bahkan telur. Penyajiannya beraneka rupa, ada yang dipotong untuk satu gigitan hingga yang berukuran besar. Sushi disajikan dengan wasabi, shoyu, dan juga acar jahe.

Di sisi lain, sashimi tidak selamanya tentang ikan mentah. Dalam bahasa Jepang, sashimi sendiri berarti ‘potongan daging’. Tentu, sashimi ini berarti bisa terdiri atas potongan ikan segar hingga daging segar. Di Jepang sendiri, potongan cumi, gurita, hingga udang bisa dimakan mentah-mentah dengan syarat bahan makanannya harus berkualitas tinggi dan juga segar. Sama halnya seperti sushi, sashimi disajikan bersama dengan wasabi, shoyu, jahe, serta irisan lobak. Di Indonesia sendiri, sashimi identik dengan ikan mentah sehingga yang sering disajikan adalah tuna atau salmon. Tentunya, hal ini berbeda sekali dengan sashimi yang disajikan di Jepang, bukan?

Nah, itu dia sedikit misunderstanding tentang sushi dan sashimi. Setelah mengetahuinya, jangan sampai salah kaprah lagi, ya!