Salah Kaprah Pada Rawan Sendi

Banyak orang yang terkadang salah kaprah dalam mengerti “rawan sendi” , banyak yang mengira “rawan sendi” adalah sejenis ataupun nama penyakit pada sendi.

Rawan sendi bisa disebut juga sebagai tulang rawan sendi.

Tulang rawan sendi  berfungsi melapisi ujung tulang pembentuk sendi, sehingga sendi dapat bergerak bebas tanpa rasa nyeri. Tulang rawan sendimelindungi tulang Agar tidak mudah keropos dan melindungi dari gesekan yang terjadi. Tulang rawan sendi mengandung  sejumlah senyawa organik yaitu ikatan glukosamin-chondroitin dan normalnya tulang rawan sendi terdiri atas beberapa komponen seperti : 95% air dan matriks ekstrasel, 5% sel

rawan sendi

Rawan Sendi

kondrosit. semuanya itu berfungsi sebagai shock breaker atau penyangga sehingga saat sendi2 kita gerakkan tidak akan terasa sakit.

Jika tulang rawan sendi rusak dan menipis, ujung tulang pembentuk sendi akan saling bertemu dan bergesekan langsung tanpa pelapis tulang rawan, sehingga menimbulkan nyeri sendi.

Nyeri pada sendi dapat menjadi indikasi dari berbagai gangguan kesehatan yang serius termasuk: kanker tulang, bursitis, fibromyalgia, asam urat, lupus, penyakit Lyme, osteoporosis, rakhitis dan tendonitis.

Maka rawatlah rawan sendi Anda.

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: