Saat Membeli Mobil Bekas, Ini Komponen yang Harus Diganti!

Selain wajib memiliki asuransi mobil All Risk yang akan menanggung semua kerusakan yang terjadi pada mobil, para pengendara yang baru saja membeli mobil bekas pun patut mengganti beberapa komponen yang terdapat di dalam mobil. Apalagi, jika Anda membeli mobil dengan budget terbatas, biasanya akan sulit mendapatkan mobil dengan kondisi komponen yang masih benar-benar bagus dan layak digunakan. Dengan adanya penggantian berbagai komponen ini, tentu saja akan menghasilkan performa yang semakin maksimal kepada mobil pengendara. Tidak hanya itu saja, digantinya banyak komponen yang ada pada mobil bekas ini, membuat mobil bekas yang

mobil bekas

mobil bekas

terlihat tidak terawat ini akan berubah menjadi mobil baru yang sungguh luar biasa elegan dan menawan.

Lalu, komponen mana sajakah yang harus diganti apabila Anda baru membeli mobil bekas ini? Simak langsung pembahasannya di bawah ini:

  1. Terkadang, mobil bekas yang dijual di pasaran sekarang ini mempunyai aki yang sudah tidak bagus lagi. Apabila aki tidak bagus untuk sebuah mobil, tentu mobil pun sangat susah bahkan tidak bisa dikendarai. Seperti contohnya, mobil tidak kuat untuk distarter ketika hendak digunakan untuk bepergian. Oleh sebab itu, mengganti aki pada mobil bekas ini sungguh sangat penting Anda lakukan. Cara mengganti aki ini pun sungguh mudah, yang mana Anda hanya perlu menyiapkan aki baru dengan ukuran yang sama dengan aki yang sudah tidak bagus. Namun, jika Anda tidak bisa menggantinya seorang diri, Anda bisa langsung membawanya ke bengkel terdekat.
  2. Tidak jauh berbeda dengan aki, Anda pun sangat dianjurkan untuk mengganti oli yang ada di dalam mobil bekas ini. Tetapi, untuk penggantian oli ini Anda harus bekerja ekstra, dikarenakan Anda harus mengganti banyak komponen seperti oli transmisi, oli mesin, oli gardan, oli power steering, dan oli mesin. Untuk itu, agar tidak menimbulkan masalah pada saat penggantian oli pada mobil bekas ini, ada baiknya Anda mengganti di bengkel yang sudah menjadi kepercayaan Anda. Dengan begini, nantinya Anda tidak akan membuat kesalahan saat melakukan penggantian oli mobil ini.
  3. Filter Udara. Filter udara digunakan untuk menghilangkan debu yang ada pada mobil. Saat filter udara tidak bisa difungsikan dengan baik, tentu saja akan mengakibatkan menurunnya performa mesin mobil. Supaya hal ini tidak terjadi, sebaiknya Anda harus mengganti filter udara pada mobil bekas yang umumnya sudah lama dijadikan sebagai pembersih debu. Yang menariknya, mengganti filter udara ini juga bisa dilakukan di rumah, dimana Anda bisa melihat cara penggantiannya di buku panduan. Dan, jika Anda tidak mau ribet membaca buku panduan, Anda bisa langsung membawa mobil ke bengkel dekat rumah.

Nah, untuk Anda yang baru membeli mobil bekas, jangan lupa untuk mengganti beberapa komponen di atas, ya! –SH–

Tags: , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: