Risiko dalam membuka usaha rental mobil

Usaha rental mobil sekarang mulai sering dimanfaatkan oleh pribadi maupun perusahaan. Terutama di kota-kota besar seperti jakarta. Rental mobil tidak hanya bermanfaat sebagai sarana transportasi bagi wisatawan yang datang saja, tapi juga bermanfaat untuk menunjang bisnis banyak usaha di jakarta, seperti menjemput tamu VIP atau untuk mengirimkan barang dari tempat yang satu ke tempat yang lain.

Kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat ini membuat banyak orang tertarik untuk membuka usaha ini. Banyak pilihan rental yang bisa di pilih oleh konsumen sesuai dengan kebutuhannya, dari mulai rental mobil standar yang biasanya menyediakan mobil-mobil keluarga untuk keperluan jalan-jalan, rental mobil mewah yang menyediakan beragam mobil mewah yang biasanya di gunakan untuk urusan bisnis dan rental mobil barang yang biasanya menyediakan mobil barang seperti truck, pick up atau sejenisnya untuk mengirimkan barang.

Bicara masalah membuka sebuah usaha pasti tidak lepas dari keuntungan yang akan di peroleh dan risiko yang harus di hadapi. Begitu pula dengan usaha rental mobil ini, pelaku usaha tidak bisa hanya mengharapkan keuntungan saja tapi juga harus bersiap menghadapi berbagai masalah yang mungkin terjadi saat menjalankan usaha ini, yaitu:

  • Biaya Investasi yang lama kembali

Jika ingin membuka usaha rental tanpa bekerjasama dengan pihak manapun (membeli mobil sendiri) pelaku usaha harus siap jika biaya investasi yang sudah dikeluarkan untuk membeli mobil agak lama kembali. Terutama jika mobil yang dibeli ternyata kurang diminati oleh para konsumen. Untuk mengantisipasi hal ini, akan lebih baik jika melakukan survei terlebih dahulu mobil apa yang paling sering di butuhkan oleh konsumen.

  • Kehilangan Mobil

Ini termasuk resiko yang cukup sering terjadi dan tentu saja akan mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi usaha ini. Kehilangan mobil bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain pencurian dan penipuan. Pencurian sering terjadi ketika mobil sedang di parkir di suatu tempat tanpa pengawasan. Sementara penipuan biasanya dilakukan oleh orang yang berpura-pura menjadi konsumen atau bekerja menjadi supir dan kemudian membawa kabur mobilnya begitu saja. Untuk mengantisipasi hal ini, lebih baik jika perusahaan memastikan identitas asli dari penyewadan supir yang bekerja serta memasang GPS di mobil agar bisa selalu diketahui keberadaannya.

  • Kecelakaan Mobil

Kerusakan mobil akibat sebuah kecelakaan adalah hal yang sangat sulit dihindari. Ketika pengemudi sudah waspada pun terkadang kecelakaan bisa terjadi akibat kelalaian pengemudi lain. Untuk mengantisipasi hal ini sebaiknya perusahaan memastikan terlebih dahulu orang yang akan mengemudikan sudah benar-benar terampil serta dalam keadaan sehat, sehingga akan bisa meminimalis kemungkinan terjadinya kecelakaan, serta menggunakan asuransi untuk mengurangi kerugian biaya perbaikan jika terjadi kecelakaan.

Leave a Reply

%d bloggers like this: