Rekomendasi Makanan Khas Bali

Selain terkenal di mata dunia akan kebudayaan dengan berbagai upacara adat yang banyak makna dan sejarah yang terkandung di dalamnya. Bali juga terkenal dengan berbagai jenis Hotel in Bali mulai dari hotel melati murah hingga hotel-hotel bintang 5 dengan fasilitas mewah di dalamnya.  Maka banyak investor-investor asing khususnya untuk hotel-hotel terkenal di dunia berminat untuk menanamkan sahamnya untuk setidaknya mencari keuntungan dengan mendirikan hotel atau pun resort di Bali.

Berlibur ke Bali, sudah pasti akan menikmati pemandangan indah dengan hamparan bukit-bukti tinggi serta pantai-pantainya. Namun selain itu, menikmati makanan khas Bali tentu menjadi salah satu kegiatan di sela-sela liburan. Apalagi beberapa jenis makanan khas Bali yang diunggulkan karena cita rasa nya yang mengundang selera makan.  Makanan Bali tentu memiliki keunggulan dan berbeda dengan kuliner dari daerah lain, seperti rasa nya yang cukup pedas dan kaya akan bahan rempah-rempah dengan racikan jitu.

Makanan khas Bali kaya akan rempah-rempah, seperti kunyit, toge dan santan yang merupakan bumbu unik yang akan membuat cita rasa kuliner Bali makin lezat dan menggiurkan. Nah, sama-sama kita intip Rekomendasi Makanan Khas Bali yang tidak boleh dilewatkan ketika berlibur di Bali dan bisa dibuat sendiri di rumah :

  • Ayam Betutu Bali

Jika Anda menggemari masakan dengan bahan utama dari ayam, maka ayam betutu Bali ini tidak boleh terlewatkan. Resep ayam betutu khas

Bali ini olahan dengan bahan utama daging ayam, di mana ayam akan diisi dengan bumbu-bumbu dan kemudian dipanggang dalam api sekam.

ayam betutu

ayam betutu

Bahan utamanya ayam bisa juga diganti dengan bebek, namun dagingnya akan lebih alot akan tetapi tetap terasa gurih. Kuliner ini termasuk kuliner khas, karena biasanya akan dihidangkan ketika upacara adat ataupun keagamaan.

Kini tidak perlu harus ke Bali dulu untuk bisa mencicipi rasa khas nya ayam betutu, karena kini di Jakarta sudah ada restoran yang menyediakan resep ayam betutu dan tentu nya bisa dibuat sendiri untuk disajikan sebagai menu makanan untuk keluarga Anda di rumah.

  • Nasi Jinggo

Bicara kuliner khas Bali, Nasi Jinggo adalah salah satu nya. Nasi Jinggo jika bisa dibilang ‘nasi kucing’ ala Bali di mana berisi nasi putih yang disajikan bersama lauk pauk seperti telur, daging ayam atau sapi dan sambal yang pedas. Untuk menambah rasa gurih pada saat memakannya,

nasi jinggo

nasi jinggo

kacang bisa menjadi tambahan. Porsi dari nasi jinggo sama seperti nasi kucing, sehingga pasti akan merasa kurang jika hanya makan 1 porsi saja.

Resep kuliner khas Bali ini cukup mudah diolah di rumah, karena bahan-bahan nya pun mudah dicari sehingga sajian nasi jinggo bisa disajikan sebagai menu tambahan ketika makan malam. Rasanya yang mengundang selera makan akan membuat anggota keluarga yang melihat pasti akan langsung meliriknya.

 

  • Sate Lilit

    sate lilit

    sate lilit

Dari namanya terbayang jika sate ini menggunakan tusukan yang serupa dengan sate ayam. Akan tetapi kuliner khas Bali ini berbeda,

karena menggunakan batang serai yang aroma dan rasanya cukup khas. Sate lilit ini aslinya adalah menggunakan bahan dasar ikan, namun bisa diganti dengan daging ayam yang diberi tepung dan juga bumbu-bumbu khas Bali. Tidak hanya enak, sate lilit ini pun pas untuk Anda yang sedang melakukan program diet karena rendah lemak.

 

 

  • Lawar

    lawar

    lawar

Lawar juga termasuk dalam salah satu kuliner khas Bali yang tidak boleh tertinggal untuk dicicipi. Dilihat dari isi nya kurang lebih sama dengan karedok makanan khas tanah Sunda, di mana ini termasuk menu sayuran seperti sayur nangka dan kacang panjang yang dicincang dengan tambahan parutan kelapa. Untuk makanan ini, ada campuran daging yang ditambahkan ke dalam campuran sayuran tersebut.

Patut dicicipi atau Anda bisa membuat nya sendiri di rumah untuk disajikan kepada seluruh anggota keluarga sebagai pilihan menu makanan. -apuy-

 

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: